Andi Rachman Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah

Andi Rachman Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah
Andi Rachman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah melalui proses penambalan, akhirnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi menyandang gelar Datuk Seri Setia Amanah dari Masyarakat Adat Melayu (LAM).
 
Penambalan sendiri langsung dilakukan oleh Ketua Majlis Kerapatan Adat (MKA) OK Nizami Jamil, Rabu, 15 Maret 2017 di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.
 
Tampak hadir, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Al Azhar, para bupati walikota se Riau, Konsulat Malaysia Hardi Hamdin, Sultan Pelalawan Tengku Kamarudin Haroen, pewaris kerajaan Indragiri H Maizir Mit serta berbagai undangan lainnya.
 
Penetapan gelar ini didasari atas Surat Keputusan (SK) nomor 12-LAM Riau/III/2017. 
 
Gelar tersebut disematkan kepada Andi Rachman karena dianggap banyak berkomitmen dalam pelestarian kebudayaan Melayu di Bumi Lancang Kuning ini.
 
Menurut Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR, Al Azhar, melalui beberapa kebijakannya, pak Gubernur telah menunjukkan komitmennya dalam melestarikan kebudayaan Melayu. Ini yang menjadi pertimbangan Majelis Kerapatan Adat.
 
Beberapa komitmen Gubri yang disebut Al Azhar itu, diantaranya dengan lahirnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kebudayaan yang berdiri sendiri dan memiliki kewenangan yang besar.
 
Kemudian, pencanangan program pariwisata berbasis budaya dinilai sangat tepat karena dapat dijadikan pembatas pengembangan pariwisata agar tidak menyimpang dari adat kesopanan Melayu.
 
Selain itu, Andi Rachman juga menelurkan Peraturan Gubernur (Pergub) muatan lokal budaya Melayu untuk dipelajari di sekolah-sekolah sebagai wujud melestarikan kebudayaan. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index