Ada Bibit Matoa, Durian, Sirsak...

BBKSDA Riau Bakal Bagi-bagi Secara Gratis, Syaratnya?

BBKSDA Riau Bakal Bagi-bagi Secara Gratis, Syaratnya?
Bibit Matoa
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, berencana membagikan 2 juta bibit pohon dan Buah kepada masyarakat.
 
Rencananya, bibit pohon yang akan dibagikan kepada siapapun yang menginginkan dan tanpa dipungut biaya. Beberapa kenis tanaman yang bisa dimintakan diantaranya kayu putih, durian, matoa, sirsak, meranti, dan lain sejenisnya.
 
Kepala BBKSDA Riau Mahfud berharap agar kedepannya pohon-pohon yang dibagikan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, selain bersumber dari kelapa sawit dan minyak bumi.
 
"Nantinya pohon yang akan kita bagikan ke masyarakat ini agar mampu menekan alihfungsi kelapa sawit dan minyak sebagai pendapatan ekonomi terbesar diriau, sehingga mampu menunjang perekonomian," ujar Mahfud.
 
Bibit ini dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma dengan syarat masyarakat tidak memperjualbelikan kembali pohon yang telah dibagikan.
 
Masyarakat juga dibebaskan mengambil beberapa bibit pohon ini, selagi syarat pengambilan bibit tersebut mencukupi, dimana syarat tersebut adalah lokasi lahan, luas lokasi tanam, dan kegunaannya.
 
Masyarakat juga harus mendapatkan surat rekomendasi dari kelurahan agar mengantisipasi penyalahgunaan bibit-bibit yang akan kita bagikan nantinya.
 
Dengan adanya pembagian bibit pohon ini nantinya diharapkan membantu memulihkan ekosistem dari kerusakan yang telah terjadi terus menerus. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index