Dianggap Hanya Bisa Mengkritisi

BPBD Riau: LSM tak Pernah Bantu Padamkan Api

BPBD Riau: LSM tak Pernah Bantu Padamkan Api
Kepala BPBD Riau Edwar Sanger

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger mengaku tidak pernah melihat adanya LSM lingkungan dalam upaya pemadaman api di wilayah Riau.

"Tidak ada saya lihat mereka. Yang jelas LSM ini tidak pernah bergabung dengan tim kami," ujar Edward.

Kata Edward, upaya memadamkan api ditempuh BPBD Provinsi Riau bekerjasama dengan TNI, Polri dan Manggala Agni. Sementara LSM lingkungan yang selama ini kritis menyorot kebakaran hutan dan lahan, tidak pernah dilihatnya.

"Saya tidak tahu apakah LSM turun sendiri untuk padamkan api. Yang jelas, sampai sekarang, tak ada mereka (LSM). Baik yang menawarkan diri atau bergabung dengan kami. Dalam memadamkan api, kami bekerjasama dengan BPBD, TNI, Polri, dan Manggala Agni," papar Edward.

Masih menurut Edward, kalangan perusahaan perkebunan juga berperan aktif dalam upaya memadamkan api di sekitar lahan mereka. "Kalau perusahaan perkebunan, mereka padamkan dulu api di wilayahnya. Kalau sudah padam, mereka bergerak ke kawasan lainnya," papar Edward.

Saat ini, tutur Edward, titik api atau hotspot di Riau tersisa 4 titik yang berada di Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Pelalawan. Sementara BMKG Pekanbaru pada 26 Oktober, berdasarkan pantauan Satelit Tera dan Aqua menemukan 146 hotspot di Sumatera Selatan dan 8 hotspot di Jambi, sementara Riau bersih. (ILC/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index