Raskin Dihapus, E-Voucher Jadi Pengganti

Raskin Dihapus, E-Voucher Jadi Pengganti
Laksmi Fitriana
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial telah meniadakan distribusi Beras miskin (Raskin) atau beras sejahtera (Rastra) untuk Pekanbaru. 
 
Saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menjalankan e-voucher sebagai pengganti Raskin yang diserahkan kepada tiap rumah tangga sasaran.
 
"E-voucher pengganti raskin dan sudah dijalankan. Tidak ada lagi penyaluran Raskin di Pekanbaru," sebut Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Laksmi Fitriana SH.
 
Jika dalam program e-voucher ini ada yang  tidak tepat sasaran, Hal tersebut merupakan wewenang dari Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru untuk mengawasinya. 
 
"Kalau memang ada yang tidak tepat sasaran, kelurahan bisa lapor ke Dinsos kota. Karena raskin bukan wewenang kami lagi. Kemudian dari Dinsos kota akan melaporkan ke Kementerian sosial, disana datanya akan direvisi," ujar Laksmi.
 
E-voucher tersebut berisi saldo Rp 110 ribu. Dana tersebut dapat dipakai untuk membeli kebutuhan pokok, seperti beras atau gula pasir. "Kartu itu BRI yang keluarkan menyesuaikan dengan data Kemensos. Jadi kita tidak ada mengurus raskin lagi," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index