Target Menpar, 1 Juta Turis ke Riau Setiap Tahun

Target Menpar, 1 Juta Turis ke Riau Setiap Tahun
Gubri, Menpar RI Lauching Calendar of Event Riau 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI Jakarta
JAKARTA (RIAUDSKY.COM) - Dunia Pariwisata di Riau tengah berbenah. Tak hanya wisata alam, event,  budaya dan wisata religi juga bakal dijadikan 'tulang punggung' pembangunan daerah.
 
Tak heran,  promosi dan pembenahan sektor wisata Riau akhir-akhir ini mendapat perhatian Kementerian Pariwisata RI. 
 
Bahkan, Kemenpar RI menetapkan target kunjungan wisatawan ke Riau 1 juta turis setiap tahunnya. Target ini tak lepas dari event-event budaya yang ramai dikunjungi wisatawan asing dalam beberapa tahun terakhir. 
 
"Pak Menteri (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) meminta Pemprov Riau untuk capai 1 juta wisatawan mancanegara per tahun, padahal awalnya kita mencanangkan seratus ribu saja sudah cukup, itu artinya kita harus bekerja lebih keras lagi," ungkap Gubernur Riau Andi Rachman.
 
Sebab itu, untuk mewujudkan target besar 1 juta turis asing pertahun, Gubri meminta jajarannya untuk saling  bersinergi, termasuk dengan Kabupaten dan Kota.
 
"Seperti yang saya katakan dalam pembukaan Musrenbang, kita akan bersinergi secara vertikal dan horizontal, untuk bisa meringankan kerja kita,  jadi target yang diberikan akan diusahakan untuk bisa tercapai semaksimal mungkin," ungkap pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.
 
Saat disinggung mengenai upaya yang akan dilakukan, Andi menyebut ada beberapa langkah yang akan dilaksanakan, yaitu perbaikan infrastruktur,  meningkatkan sumber daya manusia di daerah destinasi,  serta inovasi di industri kreatif dan kuliner.
 
"Riau sangat diuntungkan karna letaknya sangat strategis dan dekat dengan negara tetangga, untuk itu kita perlu kerja keras sera bersinergi bersama untuk mencapai target tersebut," ujarnya.
 
Saat ini Riau memiliki sejumlah destinasi dan event wisata yang tengah naik daun.  Beberapa contoh event budaya tahunan unggulan, Riau memiliki tradisi bakar tongkang (Rohil), Pacu Jalur (Kuansing), Zapin Api (Bengkalis), Mandi Cian Cui (Meranti), Tradisi Manongkah Suku Duano (Inhil).
 
Wisata religi dan sejarah di Riau juga tengah di kembangkan. Seperti Kawasan Kota Tua Senapelan Pekanbaru, Islamic Center Rohul, Benteng Tujuh Lapis, Masjid Raya Pekanbaru, Istana Siak, Candi Muara Takus (Kampar).
 
Sementara wisata alam, Riau mengandalkan pesona eksotik pulau Rupat (Bengkalis), Taman Nasional Zamrud (Siak), Taman Nasional Rimbang Baling (Kampar), dan Ombak Bono (Pelalawan) Air Terjun di Kampar, Kuansing dan Rohul serta Inhu, Taman Hutan Mangrove (Siak), Eco Wisata Buluh Cina (Kampar), Danau Arang (Inhu). (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index