Untuk Menjaga Populasi Gajah

BBC Earth Rekam Aksi ‘Pasukan Patroli Gajah’ di Riau

BBC Earth Rekam Aksi ‘Pasukan Patroli Gajah’ di Riau
Kru BBC Earth merekam kiprah 'patroli pasukan gajah' atau 'elephant flying squad' di Taman Nasional Tesso Nilo, Provinsi Riau.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kru BBC Earth merekam kiprah 'patroli pasukan gajah' atau 'elephant flying squad' di Taman Nasional Tesso Nilo, Provinsi Riau.
 
'Patroli gajah terbang' adalah sebuah tim yang terdiri dari empat gajah dan delapan pawang. Tim ini dibentuk lembaga World Wildlife Fund (WWF) untuk mengurangi konflik antara gajah dan manusia.
 
Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah Rimbani, gajah mungil kelahiran 1 Juni 2016. Dalam peliputan BBC Earth, Rimbani akan turut serta skuad tersebut dalam menjelajahi Taman Nasional Tesso Nilo.
 
Dr Sunarto, ahli ekologi yang bekerja untuk WWF, mengatakan 'pasukan patroli gajah' dibentuk pada 2004. Menurutnya, pembentukan itu berawal dari keprihatinan akan semakin sempitnya habitat gajah akibat perambahan hutan untuk keperluan permukiman dan pertanian.
 
Untuk menjaga populasi gajah, setiap provinsi di Sumatera memiliki setidaknya sebuah pusat pelatihan gajah guna menjinakkan gajah liar. Namun, masalah yang timbul kemudian, sulit melihat kontribusi tempat pelatihan ini bagi konservasi gajah di alam liar.
 
"Di sinilah 'pasukan patroli gajah' mengombinasikan pentingnya perawatan gajah dan perlunya membantu gajah liar dan masyarakat yang hidup di sekitar mereka demi memitigasi konflik antara gajah dan manusia," kata Sunarto kepada BBC.
 
Melalui bantuan pawang-pawang, para gajah dilatih agar tidak merusak panen petani dan hidup di habitatnya. Ada pula tugas yang skuad itu kerjakan, termasuk patroli, mendorong gajah liar kembali ke habitat mereka, dan memberi pendidikan kepada khalayak umum.
 
"Dalam jangka panjang, ketika habitat gajah diklaim dan dipulihkan, kami berharap gajah-gajah ini bisa kembali ke habitat luar mereka dan menjelajah bebas," kata Sunarto. (R06/BBC)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index