Diduga Lakukan Penistaan Agama di Medsos, Mahasiswa Kampar Ditahan Polda Riau

Diduga Lakukan Penistaan Agama di Medsos, Mahasiswa Kampar Ditahan Polda Riau
Postingan pelaku di Medsos
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Diduga lakukan penistaan agama di media sosial, seorang mahasiswa, warga Siak Hulu, Kampar berinisial SS bakal jadi tersangka.
 
Penegasan tersebut langsung diutarakan oleh Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain di depan puluhan perwakilan Ormas Islam yang menanyakan kepastian hukumnya, Kamis semalam.
 
"Ada proses, harus ada gelar. Kalau dari fakta hukum sih memang iya, tetapi untuk menyatakan tersangka, kami diberi waktu 1X24 jam sesuai ketentuan yuridis," tegasnya.
 
Sementara itu takta dan alat bukti yang sudah dikantongi polisi antara lain keterangan saksi pelapor serta pengakuan dari SS sendiri. Selain itu postingan pelaku juga bisa jadi tambahan nantinya. Sejauh ini kasus tersebut sudah diambil alih Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.
 
"Saya kira mungkin memenuhi unsur penistaan agama melalui media sosial. Dari keterangan saksi pelapor dan yang bersangkutan (SS). Kita minta serahkan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada kepolisian," yakin Irjen Zulkarnain.
 
Untuk itu dia mengimbau umat Islam di Riau untuk memaafkan SS, dan Kapolda memastikan akan memproses pelaku sesuai pelanggaran yang dilakukan.  "Secara pribadi kita maafkan, apalagi muslim. Namun proses hukum tetap harus berjalan. Nanti akan ada SPDP, jadi sabar saja," singkatnya.
 
Kepada penyidik SS sudah mengakui bahwa memang dirinyalah yang memposting penistaan ini di akun jejaring sosial miliknya. Sebelumnya mahasiswa tersebut sempat membantah dan mengaku kalau Instagram miliknya dibajak orang lain.
 
Berdasarkan keterangan SS bahwa dirinya pernah menerima pesan email pada bulan Februari lalu tentang pemberitahuan yang berisikan "ada seseorang yang mencoba memasuki akun instagram anda, jika memang itu anda maka abaikan pesan ini, tapi jika bukan anda segera ubah Password", karena merasa tidak menggunakan maupun melakukan perubahan pada akun instagram miliknya, SS kemudian melakukan perubahan password akun instagramnya itu. (R10/Grc/SKC)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index