28-30 April 2017

Mahasiswa Biologi UR Gelar Pekan Penghijauan XXIX di Area Waduk PLTA Koto Panjang

Mahasiswa Biologi UR Gelar Pekan Penghijauan XXIX di Area Waduk PLTA Koto Panjang
PLTA Koto Panjang
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Sekarang ini, Indonesia tidak luput dari upaya eksploitasi, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak.
 
Eksploitasi terhadap hutan dengan tidak menyertakan konsep ekologi, akan dapat menimbulkan kerusakan pada hutan yang merupakan paru-paru dunia. Hal ini akan berakibat fatal jika terus menerus terjadi tanpa ada upaya perlindungan dan pengawasaan dari semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat.
 
Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat harus ikut berperan aktif dalam segala upaya yang berkaitan dengan perlindungan dan pengawasan Hutan yang merupakan bagian vital kehidupan. 
 
Karena itulah, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau akan mengadakan Pekan Penghijauan XXIX. Tahun ini, Pekan Penghijauan mengusungkan tema “Kembalikan Fungsi Hutan, Wujudkan Keasrian Lingkungan melalui Gerakan Penghijauan”. 
 
Kegiatan ini diketuai oleh Muhammad Solihin, dipimpin oleh Bupati Mahasiswa, Irfan. Waktu pelaksanaan Pekan Penghijauan XXIX yaitu pada tanggal 28-30 April 2017. Untuk lokasi penanaman, akan dilaksanakan di sekitar Waduk PLTA Koto Panjang Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.
 
“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan Pekan Penghijauan XXIX ini dapat mengembalikan fungsi Hutan disekitar Waduk PLTA Koto Panjang Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar”, ujar Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd selaku koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. 
 
Kegiatan Pekan Penghijauan XXIX yang mengusung slogan, “Wujud Aksi, Peduli Negeri”, akan dilaksanakan selama 3 hari. Selain agenda utamanya yaitu penanaman 1000 bibit tanaman darat, juga diisi oleh kegiatan bermanfaat lainnya yaitu Seminar Pendidikan, Penyuluhan Lingkungan, serta PP Goes to School. 
 
Diharapkan dengan diadakannya kegiatan tersebut, esensi dari kegiatan Pekan Penghijauan XXIX dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini tidak hanya di ikuti oleh semua mahasiswa aktif Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau saja, tetapi Dosen beserta Alumni juga turut andil  dalam kegiatan tersebut.
 
“Kegiatan Pekan Penghijauan ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa pendidikan biologi sebagai upaya pengembalian ekosistem hutan di Kabupaten Kampar. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar mereka,” ujar Muhammad Solihin selaku Ketua Pekan Penghijauan XXIX.
 
“Melalui kegiatan Pekan Penghijauan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar,” ujar Irfan selaku Bupati Mahasiswa. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index