Kerahkan 30 Petugas, Program Siwab 11 Ribu Ekor Sapi di Rohul Terus Digalakkan

Kerahkan 30 Petugas, Program Siwab 11 Ribu Ekor Sapi di Rohul Terus Digalakkan
Kasi Perbibitan dan Produksi Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu, Doni S.Pt
PASIRPENGARIAN (RIAUSKY.COM) - Bagaimanapun, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Peternakan Riau, bersama Pemda Rokan Hulu melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan tetap berupaya untuk mengembang biakkan ternak sapi di Rokan Hulu.
 
Hal ini seiring dengan bagusnya kondisi daerah Rokan Hulu untuk mengembangbiakkan sapi.
 
Pada tahun 2017 ini, Pemprov Riau telah memberikan target kepada petugas di Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu untuk melaksanakan program sitem wajib bunting (Siwab) ternak sapi sebanyak 11 ribu ekor.
 
Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu  Ade Hapari S.Pt .
 
Secara teknis, Kasi Perbibitan dan Produksi Doni S.Pt kepada Riausky.com menjelaskan, bahwa sejak Januari hingga November 2017 pelaksanaan Program Siwab di Rokan Hulu sedang dilaksanakan oleh petugas peternakan di lapangan.
 
"Ada sekitar 30 petugas peternakan yang bertugas di 16 Kecamatan se Rokan Hulu, dalam merealisasikan program Siwab," papar Doni Spt.
 
Pengembangbiakkan ternak sapi dengan program Siwab itu terang Doni, dinilai sangat bagus untuk mempercepat ketersediaan ternak sapi.
Dengan penyuntikan inseminasi buatan dan kawin sapi secara alami, petugas  akan dapat melihat dan menghitung tingkat keberhasil program Siwab. 
 
Tingkat keberhasilan program Siwab dilapangan mencapai 85 persen hal ini terlihat dari pelaksanaan  pada tahun 2016 lalu. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index