Panglima TNI Sebut, SDA yang Melimpah Jadi Ancaman Konflik

Panglima TNI Sebut, SDA yang Melimpah Jadi Ancaman Konflik
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo foto bersama usai memberikan kuliah umum di UIN Suska
PEKANBARU  (RIAUSKY.COM) - Jendral panglima TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan dalam kuliah umum di Universitas Islam Negri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, bahwa tidak selamanya sumber daya alam (SDA) yang melimpah menjadi berkah bagi negara. 
 
Dimana beberapa Negara di timur tengah sudah banyak terkena imbas dari SDA yang melimpah di Negara mereka, sehingga konflik antar Negara terjadi untuk mempertahankan suatu kedaulatan Negara.
 
Dapat kita lihat dari beberapa konflik yang terjadi di dunia saat ini. Sekitar 70 persen konflik yang terjadi disebabkan sumber daya alam yang melimpah di daerah konflik tersebut. Dimana saat ini sumber energy menjadi primadona.
 
Seperti Negara Yaman, Suriah, dan baru-baru ini ada Ukraina yang mampu menghasilkan minyak 10 juta barel perhari, disini kita bisa melihat adanya latar belakang SDA yang mengundang konflik di suatu Negara.
 
Dimana Indonesia saat ini memiliki berbagai macam SDA yang melimpah. Dan di hawatirkan akan mengundang konflik antar Negara di suatu saat mendatang, imbuhnya.
 
Gatot Nurmantyo menambahkan dengan adanya SDA yang melimpah di Indonesia saat ini. kita perlu berhati- hati dalam menjaganya. agar konflik yang mengancam bisa dihindarkan dan keutuhan NKRI terjaga dengan baik. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index