Sekda Minta BI Riau Lihat Mekanisme Pelaksanaan Anggaran

Sekda Minta BI Riau Lihat Mekanisme Pelaksanaan Anggaran
Ahmad Hijazi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemprov Riau seperti tidak terima terkait lambannya realisasi anggaran di Pemprov Riau yang mengakibatkan menurunnya target pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2017.
 
"Triwulan pertama itu satu hal yang tidak mungkin. jadi dalam mekanisme pelaksanaan anggaran triwulan pertama itu difokuskan pada kegiatan administrasi," tegas Seketaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Senin, 10 April 2017.
 
Setelah APBD disahkan, Pemprov menyusun DPA, menunjuk pengguna anggaran, KPA, BPTK dan  bendahara. setelah itu selesai kemudian mereka melakukan persiapan administrasi, itu dilakukan berbulan-bulan. tahapan itu sudah harus dilakukan.
 
"Kita tahu peran APBD tidak semata- mata pembiayaan pemerintahan dan pembangunan. ia punya peranan likuilitas keuangan daerah tapi yah memang itulah siklusnya itu tidak bisa dilawan," tambah Ahmad.
 
"Kita bersyukur di tahun 2016 dengan siklus yang normal begitu saja serapan kita sudah sangat tinggi. sudah 85 persen, dan itu ada juga evisiensi karna ada sisa tender sekitar Rp400 miliar.
 
Jadi kalau seperti itu kita bisa menyimpulkan kalau ditambah efisiensi sisa tender bisa mencapai 90 persen. dibandingkan tahun sebelumnya cuma 68 persen, tahun sebelumnya lagi cuma 63 persen mestinya ini dijadikan tolok ukur.
 
"Makanya saya tegaskan pada pimpinan BI tolong juga melihat mekanisme siklus pelaksanaan anggaran", tutup Ahmad. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index