Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Gubernur 2018

Bengkalis Siap Sukseskan Pilkada Gubernur 2018
Bupati Bengkalis Amril Mukminin foto bersama komisioner KPU Riau.

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menegaskan Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap menyukseskan perhelatan akbar Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri), yang akan digelar pada 2018 mendatang.

Kesiapan tersebut salah satunya ditunjukan dalam bentuk dukungan sarana prasarana seperti rehab kantor KPU Bengkalis, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Amril mengatakan itu, saat menjamu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Selasa (18/4/2017) di ruang pertemuan Wisma Daerah Sri Mahkota.

Adapun rombongan KPU Riau yang berkunjung ke wilayah berjuluk Negeri Junjungan tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Riau H Nurhamin, Sekretaris Rudinal dan sejumlah anggota Komisioner seperti H Abdul Hamid, Sri Rukmini, Syapril Abdullah, dan Ilham M Yasir.

Dijelaskan Amril, suksesnya Pilgubri 2018 erat kaitanya dengan partispasi masyarakat, untuk itu mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bengkalis ini mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendukung upaya KPU dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua KPU Riau, Nurhamin menjelaskan bahwa kunjungan ke Bengkalis dalam rangka roadshow KPU Riau di 12 Kab/Kota seRiau.

"Bengkalis daerah keenam yang kami kunjungi, maksud kedatangan kami untuk melakukan sosialisasi agar tingkat partisipasi masyarakat bisa lebih tinggi dibandingkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 dan 2017," ungkapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang dimiliki KPU Riau, tingkat partisipasi masyarakat Bengkalis pada Pilkada sebelumnya masih rendah dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau, yaitu 60,2 persen.

"Kita berharap pada Pilgubri 2018, partisipasi masyarakat Bengkalis meningkat menjadi 70 persen. Oleh karenanya mohon dukungan pak Bupati untuk mengerahkan semua potensi sehingga Pilgubri mendatang jauh lebik baik lagi," harapnya.

Terkait Pilgubri 2018, disampaikan salah seorang Komisioner, H Abdul Hamid bahwa tahapan akan dimulai Oktober 2017 mendatang, pendaftaran pasangan calon pada Desember, penetapan calon direncanakan Januari 2018 sedangkan Februari sampai dengan Juni adalah masa kampanye.

Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih mengacu pada Pemilihan Presiden lalu yakni 4.208.306. Kemudian syarat dukungan untuk maju sebagai kontestan Pilgubri berdasarkan dukungan partai dan jalur perseorangan.

"Kalau syarat perorangan adalah jumlah DPT 4.208.306 x 8,5 persen atau 357.706 DPT dan jalur partai politik atau jumlah kursi adalah minimal 13 kursi atau jumlah 65 kursi DPRD Provinsi x 20 persen," jelasnya.

Selain Bupati Amril, pada pertemuan yang penuh keakraban tersebut juga dihadiri Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar dan anggota KPU Bengkalis lainnya seperti Syuib, Khairul Saleh, Husni Lebra dan Helmiwati.

Mendampingi Bupati, selain Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, juga hadir Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum, Asisten Administrasi Umum, TS Ilyas, Kepala Badan Perencanaan, Jondi Indra Bustian, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Bustami HY, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Rusli, dan sejumlah Kepala Bagian di Sekretariat Daerah Bengkalis.(R04/hms)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index