Harus Dapat Perhatian Khusus

Gawat... Komnas PA Sebut Riau Darurat Kejahatan Seksual Anak

Gawat... Komnas PA Sebut Riau Darurat Kejahatan Seksual Anak
Arist Merdeka Sirait
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait menyatakan Provinsi Riau masuk dalam kategori garis merah darurat kejahatan seksual kepada anak.
 
"Data mencatat dari 34 provinsi di Indonesia, Riau menduduki peringkat 11 kasus kejahatan seksual pada anak," ujarnya.
 
Makanya sebut dia Provinsi Riau harus mendapatkan perhatian bagaimana kasus kejahatan seksual terhadap anak itu sudah luar biasa. "Itu kalau dilihat secara nasional. Dibandingkan data tingkat kabupaten/kota Riau paling tinggi," tuturnya.
 
Karena apa sambung Arist di Riau tersimpan kejahatan-kejahatan gerombolan pemerkosa yang saat ini lagi trend dilakukan. "Misalnya gerombolan pemerkosa yang terjadi di Kampar, dumai serta tempat lainnya," ucap dia.
 
Di samping itu juga sambung dia bentuk kejahatan lain terhadap kemanusiaan seperti mutilasi juga tinggi di Riau. "Ada kasus mutilasi yang belum ketemu disini yang terjadi di Pelalawan," tuturnya pula mencontohkan.
 
"Ini salah satu bukti bahwa kejahatan kemanusiaan itu amat tinggi di Riau," ucapnya lagi.
 
Artinya sebut Arist kehadiran dia di Riau kali ini untuk memberikan dorongan kepada kelompok yang ada. Ia juga menyebutkan kegiatan seminar upaya memutus mata rantai ini harus didukung bersama pemerintah, lembaga agama,adat, orang perorang, penegak hukum dan sebagainya.
 
"Makanya sangat penting memutus mata rantai kejahatan seksual anak di Riau," tegasnya.
 
Sebelumnya diberitakan salah satu kasus pelecehan seksual terhadap anak di Pekanbaru, terjadi baru-baru ini.
 
Dimana Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Rokan Hulu, Provinsi Riau telah meringkus seorang Ayah inisial US berumur 50 tahun yang telah mencabuli hingga hamil anak kandungnya sendiri yang masih berumur 14 tahun. (R07/Ant)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index