Dibuka Presiden Jokowi, Wabup Meranti Hadiri Musrenbangnas Tahun 2017

Dibuka Presiden Jokowi, Wabup Meranti Hadiri Musrenbangnas Tahun 2017
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2017 telah dilaksanakan dengan baik dan lancar, bahkan Presiden RI Bapak Joko Widodo membuka secara resmi acara Musrenbangnas 2017 tersebut, yang berlangsung di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017).
 
Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, Musrenbangnas ini telah diatur sesuai dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional dalam rangka untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nasional tahun 2018.
 
"Oleh sebab itu, tujuannya agar pemerintah lebih fokus memikirkan pembangunan yang skala prioritas sesuai dengan permasalahan di daerah  sesuai dengan apa yang diusulkan dan tidak berorientasi pada proyek apapun nantinya," ujar Jokowi.
 
Menurutnya, pembangunan yang terintegrasi antara Pemerintah Pusat , Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota harus bisa menyesuaikan dengan program yang sangat di prioritaskan dan di selaraskan.
 
"Tujuannya agar pembangunan tersebut dapat saling bersinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemda sama - sama kompak dalam hal pembangunan yang teratur, maju dan berkesinambungan," imbuhnya.
 
Namun demikian, Presiden Jokowi pun mengharapkan semoga apa selama ini tentang kecenderungan APBN dan APBD yang dianggap menurun, ini perlu kita ciptakan situasi yang kondusif sehingga investasi bisa masuk dan diharapkan dapat meningkatnya PAD daerah kedepannya, harap Dia.
 
Usai acara, Wabup H. Said Hasyim mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun anggaran 2018 nantinya, telah mengusulkan berbagai program prioritas sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi tadinya, seperti usulan kita itu pembangunan infrastruktur jalan poros, pembangunan roro, air bersih, listrik, sektor pendidikan, sektor kesehatan dan sektor pertanian. 
 
"Oleh karenanya, semua usulan tersebut telah di input melalui sistem e- proposal beberapa waktu yang lalu, anggarannyakan lumayan besar mencapai ratusan miliar juga dan kita berharap saat pembahasan nantinya Pemerintah Provinsi Riau bersama dengan Bappenas RI dan Kementerian terkait bisa mengakomodir usulan kita tersebut semaksimal mungkin dan bisa mendapat hasil yang memuaskan," ujar Said.
 
Dalam kesempatan itu pula, Kepala Bappeda Mamun Murod melalui Kabid Ekonomi, Muhammad Firdaus mengatakan, memang benar apa yang disampaikan Wabup Said Hasyim tersebut. Intinya kita jangan berdiam diri lagi teruslah jemput bola apapun hasilnya Allah SWT bisa memberikan yang terbaik.
 
Pada acara tersebut, ada pemberian penghargaan bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang melaksanakan perencanaan terbaik yakni tingkat Provinsi diraih Provinsi Yogyakarta dan tingkat kabupaten/ Kota yakni Kabupaten Tabanan dan Kota Batu.
 
Sekedar informasi, turut hadir acara Musrenbangnas 2017 tersebut, Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh Menteri Kabinet Kerja, Lembaga non Pemerintah, 34 Gubernur dan 514 Bupati/ Walikota seluruh Indonesia. Sedangkan dari Kabupaten Meranti di hadiri Wabup Meranti Drs H Said Hasyim, Kepala Bappeda Kabupaten Meranti Mamun Murod dan Kabid Ekonomi Bappeda Kabupaten Meranti Muhammad Firdaus dan Pejabat Pemkab Meranti lainnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index