Mensos Datang, Pejabat Daerah Sibuk Cari Muka

Mensos Datang, Pejabat Daerah Sibuk Cari Muka

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ada saja kelakuan pejabat daerah, kalau ada penajabat pusat baik itu residen maupun menteri yang datang, pada sibuk 'bersolek' untuk menyambut tamu agung itu.

Seperti halnya yang dilakukan pejabat di Pekanbaru-Riau, rencana kedatangan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa ke Riau, dengan tiba-tiba saja muncul tenda dan posko asap dadakan.

Setidaknya ada dua tenda berwarna coklat di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru, yang bertuliskan "Posko Pelayanan dan Pengaduan Korban Asap, Forum Rakyat Bebas Asap (FORBA). Namun sayang nya di posko tersebut terlihat kosong tak ada isi maupun petugas yang menjaganya.

Selain itu di Halaman Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Sudirman, juga ada tenda bertuliskan Posko Kesehatan tersebut juga terlihat kosong.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Andra Sjafril ketika dikonfirmasi mengaku tidak tau. "Kalau yang di Kantor Walikota itu punya Pemko Pekanbaru, tenda yang di Cut Nyak Dien saya tidak tau," jawabnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Hilda Suryani menjelaskan, bahwa keberadaan tenda di Halaman Kantor Walikota, bukan dadakan dan bukan terkait kunjungan Mensos RI ke Riau.

"Tenda itu sudah terpasang sejak hari Rabu yang lalu, sebelumnya tenda itu di berdirikan di belakang Kantor. Kita sudah mengajukan pada saat kunjungan Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu, melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru. Jadi bukan karena ada kunjungan Mensos," pungkas Hilda.

Dinas PU dan Tagana Buru-buru Pasang Tenda
Sementara itu di Dinas PU, Satpol PP dan petugas Tagana Provinsi Riau, juga tampak sibuk mempersiapkan tenda, meja dan peralatan lainya.

Persiapan tersebut dilakukan untuk menyambut kedatangan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ke Posko Evakuasi Gedung Serbaguna Dinas Pekerjaan Umum Jalan SM Amin.

Tidak hanya itu saja, didalam ruangan Posko Evakuasi, juga terlihat masih mempersiapkan tempat tidur pasien dan menyusun kursi-kursi tamu. "Untung saja bu Menteri telat datang, kalau sempat tepat waktu pukul 13.00 WIB, kacau nih tendah belum siap," teriak salah satu anggota TNI dari Korem 031/BS.

Salah seorang petugas Satgas Tagana Riau Suryono menjelaskan, pemasangan tenda tersebut memang mendadak, pukul 10.00 WIB baru ada instruksi pemasangan. "Kita dikejar waktu, awalnya penyambutan langsung di dalam gedung, tapi pagi tadi tiba-tiba disuruh pasang tenda," tuturnya.

Rumah Singgah Jalan Pattimura Pekanbaru 'Bersolek'
Tidak itu saja, Rumah singgah Riau melawan asap yang berada di Jalan Pattimura, Pekanbaru Riau juga'bersolek' jadi senyaman mungkin, bahkan dipasang air conditioner (AC).

Rumah singgah yang mulai aktif awal Oktober 2015 tersebut jadi salahsatu titik kunjungan sehari Mensos di Pekanbaru, Riau, Sabtu siang, selain juga mengunjungi posko di Dinas PU, PSBR Rumbai dan posko di Arhanudse.

Sebelum Mensos tiba, rumah singgah inipun kinclong seketika, lengkap dengan alat pertolongan pertama bagi korban penderita paparan asap, seperti tabung oksigen dan obat-obatan. Ada tiga kasur ditempatkan di ruang depan, namun tidak terlihat petugas medis disini. Selain itu, korban asap pun juga tidak ada. (GRC/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index