2018, Pemkab Pelalawan Bangun Perpustakaan Modern Berstandar Nasional

2018, Pemkab Pelalawan Bangun Perpustakaan Modern Berstandar Nasional
Ilustrasi
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan membangun sebuah perpustakaan modren yang sudah mulai diwacanakan dua tahun lalu, segera terwujud. 
 
Dimana pada awal tahun 2018 mendatang, Pemkab akan segera membangun perpustakaan modren berstandar nasional di ibukota kabupaten Pelalawan yakni kecamatan Pangkalan Kerinci.
        
Informasi ini dibeberkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pelalawan MD Rizal MPd, Selasa (2/5) di Pangkalankerinci. 
 
Katanya, pembangunan perpustakaan modren berstandar nasional tersebut dilakukan, agar mampu mengundang minat baca masyarakat khusunya para pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang sampai saat ini masih terbilang minim.
 
"Kita akan membangun perpustakaan daerah awal tahun 2018 mendatang tiga lantai dengan konsep yang berbeda dengan perpustakaan yang biasa. Perpustakaan yang akan didirikan berlokasi di bekas gedung gerai makan di Jalan Lintas Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci," ujarnya.
         
Lanjutnya, pembangunan perpustakaan modern tersebut akan menghabiskan anggaran mencapai Rp 9 miliar melalui proyek multiyear. Sedangkan untuk konsepnya, pihaknya sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED). Sehingga, jika pembangunan perpustakaan modren rampung nantinya, maka pustaka ini akan menjadi icon kebanggaan masyarakat Kabupaten Pelalawan.
         
"Pembangunan tersebut akan dibangunan di eks lahan gerai makan PD Tuah Sekata dengan luas lahan satu hektar lebih. Gedung perpustakaan daerah akan dibangun langsung oleh Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan. Sedangkan pembangunan perpustakaan modren tersebut akan dibangun melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan," sebutnya.
       
Sambungnya, perpustakaan dengan akreditasi A itu direncanakan tidak hanya melayani pembaca secara manual. Dimana pengunjung bisa datang dan memiliki buku-buku yang diminati untuk dipinjam atau dibaca. Namun ada buku digital yang disediakan oleh pengelola perpustakaan. Para pembaca bisa memilih buku secara online melalui gadget atau telepon pintar lainnya.
       
"Jadi, pembangunan perpustakaan ini sebagai terobosan baru, jika berjalan dengan baik manfaatnya akan besar. Dan nantinya, jika tidak sempat ke perpustakaan bisa melihat buku dari perangkat komunikasi saja. Dengan dibangunnya perpustakaan daerah yang representatif, diharapkan akan menunjang peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di Negeri Seiya Sekata ini," pungkasnya. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index