Panwaslu Kuansing Libatkan Mahasiswa Awasi Pelaksanaan Pilkada

Panwaslu Kuansing Libatkan Mahasiswa Awasi Pelaksanaan Pilkada
TALUKKUANTAN (RIAUSKY.COM) - Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kuansing bakal melibatkan mahasisiwa Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) dalam pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).
 
Untuk itu, Pawaslu Kuansing menjalin kerjasama dengan pihak UNIKS, sebagai universitas terbesar di Kuansing. 
 
"Kami berharap Pak Rektor mengumumkan kepada seluruh mahasiswa Uniks agar mendaftarkan dirinya di desa masing-masing sebagai panitia pengawas pemilu di tingkat TPS," ujar Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias ST, usai menandatangani kesepakatan tersebut. 
 
Alpias menambahkan, Panwaslu Kuansing sengaja merekrut mahasiswa untuk membantu melakukan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan Pilkada, 9 Desember mendatang. 
 
Apalagi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan rakyat berkewajiban untuk mengawasi jalannya pemilihan. "Kita tahu sejarah mencatat, bahwa mahasiswa menjadi garda terdepan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat," ujar Alpias. 
Karena itu, para mahasiswa Uniks diminta segera mendaftar ke petugas pengawas lapangan (PPL) tingkat desa yang tersebar diseluruh Kuansing. Jika peminat dari kalangan mahasiswa tinggi, maka akan dilakukan seleksi oleh Panitia Pengawas Kecamatan. 
 
Setelah proses rekrutmen dilakukan, Alpias mengatakan, para mahasiswa itu akan diberi bimbingan teknis. Dan selanjutnya, mahasiswa yang direkru menjadi pengawas pemilu di tingkat TPS akan dilantik di setiap kecamatan.(RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index