Pertumbuhan Investor Baru Pasar Modal di Riau Jadi Terbaik Kedua di Sumatera

Pertumbuhan Investor Baru Pasar Modal di Riau Jadi Terbaik Kedua di Sumatera
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bursa Efek Indonesia (BEI) perwakilan Riau mencatat triwulan pertama jumlah investor baru di pasar modal Riau tumbuh sebanyak 900 investor. Angka ini menjadi pertumbuhan nomor dua terbaik di pulau sumatera.
 
"Pertambahan investor baru tersebut membuat realisasi target investor di triwulan pertama tersebut membuat BEI Riau hanya perlu merealisasikan 64,4 persen lagi dari total target investor baru di tahun 2017 ini," kata Kepala BEI Riau, Emon Sulaeman.
 
Ia mengatakan pada tahun 2017 ini BEI menargetkan pertumbuhan investor sebanyak 2528 investor.
 
Secara keseluruhan hingga akhir triwulan pertama jumlah investor yang dibukukan perusahaan pengelola pasar modal tersebut memcapai angka 10.265 investor.
 
Total volume transaksi yang dilakukan para investor tersebut hingga akhir kuartal pertama mencapai Rp 2,7 triliun.
 
Emon menjelaskan selama empat bulan terakhir sejak awal tahun 2017. Bulan Februari tercatat jadi bulan dengan nilai transaksi paling tinggi senilai Rp 863 miliar.
 
Ia menyampaikan tingginya nilai transaksi investor di bulan Februari ini disebabkan adanya isu positif di saham kategor pertambangan.
Selain itu kebijakan pemimpin baru Amerika yakni Donald Trump juga jadi faktor penentu.
 
"Pada bulan Februari tersebut saham pertambangan mendominasi transaksi di pasar modal nasional setelah lima tahun terakhir anjlok," katanya.
 
Menyambut masuknya kuartal kedua tahun ini BEI memprediksi pada bulan-bulan awal kuartal tersebut berkemungkinan akan terjadi penarikan modal oleh investor dalam negeri karena adanya momen puasa dan tahun ajaran baru.
 
"Di momen ini pada kebiasaannya masyarakat akan mulai memanen hasil investasinya," katanya.
 
Ia mengatakan perusahaan emiten tidak perlu khawatir pada kondisi ini karena pemilik modal dari luar bisa jadi akan ambil kesempatan pada momen ini. (R02/Tp)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index