200 Ribu Hektar Lahan Gambut Riau Sedang Dikerjakan Pemrov dan Pemkab

200 Ribu Hektar Lahan Gambut Riau Sedang Dikerjakan Pemrov dan Pemkab
Ilustrasi
PEKANBARU  (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki lahan gambut yang cukup luas. 
 
Hal ini menjadi tujuan langsung dalam peninjauan yang dilakukan Badan Resortrasi Gambut (BRG) dan Inisiatif Lahan Gambut Global (Global Peatlands Initiatives – GPI).
 
Mengingat luasnya lahan gambut di Riau, sehingga pemerintah provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan program pengendalian dan pengelolaan lahan gambut.
 
Di Riau saat ini ada delapan kabupaten yang difokuskan untuk pelaksanaan perogram tersebut. Seperti Meranti, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir dan Rokan Hilir.
 
Sekarang Pemerintah dan BRG sudah melakukan pembangunan 500 sumur bor, juga ada pembangunan 800 sekat kanal di seluruh Provinsi Riau. Pemprov juga ada membentuk kegiatan lain seperti membangun desa pecinta gambut dan berbagai kegiatan penelitian. 
 
Diluar itu, bagi perusahaan sawit juga ada yang diwajibkan untuk melakukan pemembangun sendiri. karna didalam wilayah perusahaan tidak mungking menggunakan dana dari pemerintah.
 
BRG dan Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK) juga akan melakukan pengawasan langsung terhadap perusahaan yang berada di dalam kawasan gambut.
 
Hal itu disampaikan langsung oleh Nazir Foead, Kepala BRG kepada Riausky.com pada saat melakukan kunjungan peninjauan langsung ke areal blocking kanal di Siak, Selasa, 16 Mei 2017. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index