Pemkab Pelalawan Terima Penghargaan Desa Wisata Awards 2017

Pemkab Pelalawan Terima Penghargaan Desa Wisata Awards 2017
Wabup Zardewan saat menerima penghargaan
BUKITTINGGI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan menerima penghargaan Desa Wisata Kreatif 2017 dalam perhelatan Desa Wisata Awards dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 
 
Kota bukit tinggi lapangan wirabima sumatera barat sebagai tuan rumah perhelatan akbar tersebut yang dihadiri oleh kabupaten dan kota se Indonesia.
 
Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan menerima penghargaan langsung dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo. Kabupaten Pelalawan masuk dalam kategori Desa Wisata Kreatif yakni Kecamatan Teluk Meranti. 
 
Ada sepuluh desa dari kabupaten dan kota yang menerima penghargaan awards tersebut diantaranya untuk kategori perkembangan desa tercepat diberikan pada sungai nyalo Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, kategori desa adat penerima desa madobak mentawai sumatera barat, desa wisata jejaring bisnis tamansari Banyuwangi, Desa wisata agro Malang pujon kidul, desa wisata iptek Seigentung Gunungkidul, desa wisata budaya ubud goanyar bali, desa wisata alam NTT kabupaten ende desa waturaka, desa pemberdayaan masyarakat ponggok Klaten Jawa Tengah, desa wisata kreatif teluk meranti pelalawan , dan desa wisata maritim bontagula bontang kalimantan timur.Masing masing desa penerima awards memperoleh dana bantuan pengembangan Bumdes sebesar Rp2 juta rupiah.
 
Menurut Eko Putro Sandjojo, pemberian penghargaan pada desa ini merupakan pertimbangan dari Mendes PDTT bagi desa yang telah mampu mengelola dana yang telah disalurkan, dan terbukti meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat desa, sehingga mampu menampung, mengkonsolidasi, dan mewadahi kegiatan usaha ekonomi desa.
 
Dalam menunjang BUMDes sambung Eko Putro Sandjojo, Kemendes PDTT memiliki program unggulan yakni Pertama produk unggulan desa yang dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan skala ekonomi, membuka kesempatan kerja, mendorong partisipasi masyarakat luas, dan memberi ruang keterlibatan pada pelaku ekonomi. 
 
Kedua BUMDes sebagai mesin penggerak ekonomi rakyat yang meliputi pembinaan manajeman, sumberdaya manusia dan kreatifitas, Ketiga membangun embung air desa yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta program unggulan Keempat menciptakan sarana olahraga desa, yang merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas tentang percepatan pembangunan sepakbola nasional.
 
Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo, Walikota dan Bupati Penerima Awards,Forkompinda Propinsi dan Kota Bukit Tinggi serta Kepala OPD se Sumatera Barat. Sementara itu Kabupaten Pelalawan turut mendampingi Wabup H.Zardewan Kepala BPMPD Pelalawan Drs.Zamur Das. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index