Presiden Joko Widodo Lantik Wan Thamrin Hasyim Sebagai Wakil Gubernur Riau

Presiden Joko Widodo Lantik Wan Thamrin Hasyim Sebagai Wakil Gubernur Riau

 

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim

 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Wan Thamrin resmi dilantik sebagai Wakil Gubernur Riau (Wagubri) di Istana Negara, Jumat (12/5/2017).

Pelantikan berlangsung singkat dan tanpa pidato atau arahan dari Presiden Jokowi. Tidak ada pidato Presiden, setelah prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan SK, dan penandatanganan, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada seluruh gubernur dan wakil gubernur yang baru dilantik.

Saat pelantikan, lanjut Erisman, Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan jajaran Kabinet Kerja.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beserta istri dan juga sejumlah Forkopimda Provinsi Riau.

 

Presiden Republik Indonesia melantik gubernur dan wakil Gubernur , termasuk Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Sebelum dilantik, para gubernur dan wakil gubernur diundang ke Istana Merdeka oleh Jokowi. Mereka menerima petikan keputusan Presiden terkait pengangkatan sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan dan diikuti para kepala daerah.

 

Suasana pelantikan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dan sejumlah kepala daerah lainnya.

"Sebelum saudara-suadara mengucapkan sumpah janji sebagai gubernur dan wakil gubernur di masing masing provinsi, bersediakah saudara mengucapkan janji sesuai dengan agama masing-masing? tanya Jokowi, Jumat (12/6/2017).

"Bersedia," jawab para kepala daerah.

"Apabila bersedia, silakan mengulangi kata-kata saya," imbuh Presiden  Jokowi.

 

Suasana pengambilan sumpah

Usai pengucapan sumpah jabatan, satu per satu kepala daerah menandatangani berita acara pengangkatan di hadapan Jokowi. Acara dilanjutkan dengan memberi ucapan selamat oleh Presiden dan Wakil Presiden diikuti oleh tamu undangan.

Presiden Jokowi melantik lima kepala daerah ditambah satu wakil gubernur. Para kepala daerah yang dilantik, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Idris Rahim, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar.

 

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menandatangani berita acara pelantikan wakil gubernur

Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Erzaldi dan Abdil Fatah, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani, serta Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin.

Usai dilantik sebagai Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin menyatakan siap membantu tugas-tugas Gubernur, terutama yang berkaitan dengan sosial ekonomi.

 

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dan istri selepas pelantikan.

Ini dikatakan oleh Wan Thamrin kepada sejumlah media di Istana Negara, Jumat (12/5/2017) usai dilantik langsung oleh Presiden Jokowi.

"Kan sudah ada aturan yang mengatur apa saja tugas-tugas seorang Wakil Gubernur itu. Intinya, saya membantu Gubernur untuk membangun daerah," katanya kepada sejumlah media.

 

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim foto bersama Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Kapolda Zulkarnain , Danrem 031 Wirabima, Sekda Ahmad Hijazi foto bersama.

 

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berharap dengan adanya Wagubri akan mempercepat laju pembangunan di Provinsi Riau.

Wan Thamrin terpilih sebagai Wagubri pada pemilihan yang digelar di DPRD Riau 25 April kemarin. Ia berhasil mengungguli saingannya, Ruspan Aman, walaupun pemilihan tersebut harus berlangsung dua putaran karena pada putaran pertama keduanya meraih suara imbang.

Pelantikan Wan Thamrin sebagai Wagubri hari ini digelar bersamaan dengan pelantikan 5 pasangan Gubernur/Wakil Gubernur yang memenangi Pilkada 15 Februari 2017 yang lalu.(R-02/adv)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index