Mendesak, Bulog Segera Bangun Gudang di Meranti

Mendesak, Bulog Segera Bangun Gudang di Meranti

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dalam waktu dekat akan membangun gudang yang sudah lama dinanti-nantikan Kota Sagu itu. Keberadaan gudang ini dinilai mendesak, karena letak geografi Kabupaten Kepulauan Meranti yang berpulau-pulau, sehingga banyak kendala yang dialami saat pendistribusian beras untuk keluarga miskin (Raskin) dari gudang Bulog di Bengkalis.

Diantaranya air pasang. Ongkos yang dikeluarkan harus tinggi, serta ancaman hujan, gelombang air laut, dan bebera ancaman lain selama perjalanan dari Bengkalis ke Kepulauan Meranti.

Menurut Kabag Ekonomi Setdakab Kepulauan Meranti Agusyanto Bakar SSos MSi, Selasa (3/11/2015), Pemda mengupaya semaksimal mungkin agar Bulog bersedia membangun gudang.

Kata Agus lagi, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun gudang itu telah dipersiapkan Pemda, salah satunya penyediaan lahan 2 hingga 3 hektar.

"Pembangunan itu lagi digesa, surat penetapan lokasi sudah kita kirim. Kita berharap pembangunan ini masuk di APBN 2016," ujar Agusyanto Bakar.

Disampaikan Agus pula, dalam pengajuan lokasi, ada beberapa tempat yang mereka rekomendasikan. Namun, berdasarkan pantauan Bulog, mana lokasi yang dianggap representatif itu berada di Sialanpasung Rangsang Barat.

"Beberapa hari lalu saya menghubungi Kanwil Bulog untuk minta pembangunan ini digesa, sebab masyarakat di Kepulauan Meranti sangat mengharapkan. Mereka siap membantu kita," tambahnya lagi.

Masih menurut Agus, akan banyak keuntungan jika ada gudang Bulog di Kepulauan Meranti. Diantaranya, jika diadakan operasi pasar, bisa langsung diambil dari gudang tersebut. Stok beras juga bisa dipersiapkan andai ada bencana alam. Kalau ada beras yang tak layak konsumsi akan mudah ditukar. "Selain itu, petani di Kepulauan Meranti juga bisa menjual beras ke Bulog," bebernya. (RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index