Hadiri MTQ di Kemuning, Wardan Ingin Inhil Kembali Jadi Lumbung Qori dan Qoriah...

Hadiri MTQ di Kemuning, Wardan Ingin Inhil Kembali Jadi Lumbung Qori dan Qoriah...
Bupati Inhil HM Wardan melantik dewan hakim MTQ di Kemuning.

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM)- Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan bertekad membangkitkan  kejayaan Inhil sebagai satu-satunya daerah di Provinsi Riau dengan predikat lumbung qori dan qoriah.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan kemuning.

"Melalui momen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan, saya mengajak seluruh pihak untuk mengembalikan kejayaan Itu," ujarnya saat menghadiri pawai taaruf di Kemuning, Jumat (28/5/2017).

Dikatakan Wardan, dulu, Inhil pernah mendapatkan predikat sebagai lumbung qori dan qoriah yang begitu disegani dalam kancah Provinsi Riau pada setiap penyelenggaraan MTQ.

"Kerinduan dan keinginan untuk kembali menjadi Kabupaten yang disegani karena banyaknya qori dan qoriah berbakat, kini terasa begitu besarnya. Ingin sekali momen seperti saat dulu itu terulang kembali, yang mana qori dan qori ah asal Inhil senantiasa meraih prestasi menjadi juara dalam MTQ Provinsi Riau," ucapnya.

Kendati predikat sebagai lumbung qori dan qori ah tersebut mulai tergerus waktu, Bupati Wardan tetap optimistis, momen membanggakan seperti yang pernah dialami Kabupaten Inhil itu akan dapat kembali terulang, jika memang fokus untuk mendapatkannya.

MTQ tingkat Kecamatan ini, kata dia, merupakan momentum bagi Pemerintah Kecamatan dan masyarakat untuk mengeksplorasi bibit unggul qori dan qoriah yang nantinya bisa menjadi delegasi ke MTQ tingkat Kabupaten Inhil, provinsi, bahkan Nasional.

Untuk itu, ia melarang keras bagi setiap Desa maupun Kelurahan untuk mengikutsertakan qori dan qori ah yang berasal dari luar daerah Kecamatan Kemuning.

Untuk diketahui, Pawai Taaruf yang dipusatkan di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning itu, dilaksanakan guna menyambut penyelenggaraan MTQ Tingkat Kecamatan Kemuning yang akan diikuti oleh 11 Desa dan 1 Kelurahan.

Terlihat antusiasme masyarakat Kecamatan Kemuning yang begitu tinggi dalam mengikuti pawai taaruf. Hal ini terlihat dari ratusan masyarakat berjalan menyusuri jalan dengan panjang sekitar dua kilometer di bawah terik matahari.

Melihat antusias itu, Wardan pun bangga dan menyebut Pawai Ta aruf di Kecamatan Kemuning dapat disetarakan dengan Pawai Taaruf yang diadakan pada tingkat Kabupaten Inhil.(Advertorial/R17)

 

Listrik Indonesia

#Indragiri Hilir

Index

Berita Lainnya

Index