Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 di Ibukota Spanyol, Riau Ingin Semakin Mendunia

Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 di Ibukota Spanyol, Riau Ingin Semakin Mendunia
Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 di Ibukota Spanyol, Madrid
MADRID (RIAUSKY.COM) - Dalam tiga tahun terakhir, KBRI Madrid selalu menggandeng daerah dalam kegiatan  tahunan Bazar Solidario. Setelah Jakarta dan Makassar, tahun ini kegiatan melibatkan Provinsi Riau. Jadilah namanya Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 yang dihelat Sabtu dan Minggu (20-21/5/2017).
 
Semula, tahun ini KBRI akan menggandeng kota Bandung. Namun karena Walikota Bandung tengah sibuk, Provinsi Riau menjadi penggantinya. Keikutsertaan Riau menjadi kesempatan bagi Provinsi berjuluk Negeri Lancang Kuning ini untuk mempromosikan kekayaan seni dan budaya, destinasi wisata dan gastronomi, berbagai potensi yang dimilikinya kepada masyarakat Eropa, khususnya Spanyol.
 
“Kami mendukung kegiatan ini agar Riau riau lebih dikenal dunia. Terimasih kepada KBRI Madrid yang menggelar Bazar SolidaRiau ini,” kata anggota DPRD Provinsi Riau, Ade Hartati yang datang bersama lima anggota DPRD Riau lainnya ke Madrid.
 
Sebagai daerah yang diusung menjadi tema utama Bazar kali ini, ada stan khusus bernuansa Riau yang yang menjajajakan berbagai makanan dan minuman khas Negeri Lancang Kuning. Seperti martabak telor kuah kari, nasi lemak, es air mata pengantin dan lain-lain. Selain itu, berbagai kesenian dan kebudayaan Riau juga dipentaskan bersama kesenian daerah lain lain di Tanah Air selama Bazar yang digelar dua hari.
 
Selain Riau, puluhan stan lain memeriahkan Bazar kali ini dengan menyajikan beraneka ragam makanan dan minuman serta fashion khas Indonesia. Seperti bakso, soto, sate, nasi goreng, ketoprak, hingga jajanan seperti mendoan, resoles, kue lapis dan berbagai makanan khas Indonesia lainnya.
 
Meski promosi terbilang singkat, hanya sekitar sebulan, namun acara tetap semarak dan dipadati ribuan penonton. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas pengunjung adalah warga Spanyol.
 
Dubes RI untuk Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso mengatakan, dalam tiga tahun terakhir ini pihaknya sengaja menggandeng daerah dalam Bazar Solidario yang sudah rutin digelar tiap tahun. 
 
Tujuannya agar daerah-daerah menjadi ajang ini terutama sebagai ajang mempromosikan promosi destinasi wisata dan gastronomi kepada turis mancanegara, khususnya warga Spanyol. Kemudian mereka juga dapat mempromosikan potensi-potensi ekonomi yang dimilikinya untuk menarik investor.
 
“Dengan menggandeng daerah dalam Bazar Solidario, daerah-daerah jadi tahu bahwa untuk kegiatan promosi di luar negeri juga bisa dilakukan lewat KBRI agar lebih efisien,” jelas Yuli.
 
Tidak hanya sukses mengget ribuan pengunjung, KBRI Madrid juga sukses menggelar Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 karena didukung oleh sejumlah sponsor. Meski sebagian besar sponsorshipnya berupa barang atau jasa untuk souvenir dan doorprize, namun dukungan sponsor tersebut sangat membantu panitia untuk menggelar kegiatan yang semarak. Sebagian dukungan dari sponsor juga dialokasikan untuk kegiatan amal sosial (charity). Baik untuk kegiatan amal di Indonesia maupun disalurkan lewat Yayasan Reina sofia di Madrid. (R02/Jurnas)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index