Berhasil Bina BRK, Gubernur Riau Terima Award Lembaga Bisnis dan Perbankan

Berhasil Bina BRK, Gubernur Riau Terima Award Lembaga Bisnis dan Perbankan
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Sebanyak  2000 BUMD di Indonesia bersaing untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2017 dari Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center, Rabu (24/05/17) di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta.
 
Hasilnya, Bank Riau Kepri (BRK) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kebanggaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau dianugerahi TOP BUMD 2017 Kategori Special Improvement dan Top CEO BUMD 2017 dalam Kategori CEO BUMD Berbasis Character & Soft Competency untuk Direktur Utama BRK DR Irvandi Gustari.
 
Terkait dengan keberhasilan yang diraih BRK maka Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dalam membina BRK, dianugerahi penghargaan Top Pembina BUMD 2017. Gubernur Riau dinilai berhasil sebagai pemegang saham utama membina BRK menjadi bank yang berkembang dan masuk dalam jajaran bank nasional.
 
Total hingga akhir Mei 2017 penghargaan tingkat nasional yang telah diraih BRK adalah sebanyak 16 Awards. Penghargaan yang diraih oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman sebagai TOP Pembina BUMD 2017 adalah merupakan penghargaan untuk keduakalinya diraih dan pada tahun 2016 juga telah meraih penghargaan yang sama.
 
Penghargaan sebagai TOP CEO BUMD 2017 yang diraih Dirut BRK juga merupakan penghargaan untuk keduakalinya diraih dan pada tahun 2016 juga telah meraih penghargaan yang sama.
 
Tampil Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sebagai Keynote Speech dalam acara Award Top BUMD 2017 yang bertemakan “Great BUMD: The Key to Accelerate Economic Growth”.
 
Dalam pidato Ketua DPD RI tersebut disampaikan bahwa sudah saatnya BUMD menjadi faktor utama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan sudah saatnya tidak lagi menjadi objek politik bagi pemimpin daerah dan juga tidak lagi dijadikan bancakan bagi banyak pihak di wilayahnya dan sudah saatnya yang mengelola BUMD tersebut tidak lagi titipan dari penguasa daerah, namun harus dikelola oleh para professional.
 
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berpesan dalam pidatonya sudah saatnya BUMD menjadi motor utama dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan di daerah masing-masing. Namun BUMD jangan terpaku dengan wilayah usahanya terbatas pada daerahnya saja melainkan sudah harus mampu dan berani berkiprah dalam skala nasional, sehingga dapat memberikan return yang lebih baik dan lebih besar kepada pemegang saham didaerah masing-masing.
 
Hadir dalam acara Award Top BUMD 2017 ini, selain Dirut BRK DR Irvandi Gustari, juga hadir Komisaris Utama BRK HR Mambang Mit, Pemimpin Divisi Renstra Tengkoe Irawan berserta staff, Pemimpin Cabang BRK Jakarta M Jazuli dan Pemimpin Desk Corsec BRK Winovri.
 
TOP BUMD 2017 merupakan kegiatan award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, dan Pembina BUMD (Kepala Daerah), yang dinilai berprestasi/berkinerja yang baik, banyak melakukan improvement, serta berkontribusi tinggi dalam pembangunan, terutama di daerah.
 
Penghargaan TOP Pembina BUMD 2017, diberikan kepada Kepala Daerah yang BUMD-nya mendapatkan penghargaan, karena Dewan Juri menilai bahwa keberhasilan BUMD, tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan Kepala Daerah selaku Pembina dan Pemegang Saham pengendali BUMD yang bersangkutan.
 
Top BUMD merupakan satu-satunya Corporate Rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia atas prestasi (Achievement) dan perbaikan (improvement) telah dilakukan.
 
Prestasi dan perbaikan tersebut dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap pereknomian daerah.
 
"Kegiatan ini dilakukan guna mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD serta pembangunan perekonomian di daerah," kata Ketua Dewan Juri, Prof Dr Laode M Kamaluddin.
 
Direktur Utama BRK ditemui saat usai acara award tersebut, menyampaikan, award yang diraih merupakan hasil prestasi bersama dari para stakeholders Bank Riau Kepri. Menurut Irvandi, tidak mungkin BRK dapat meraih award tingkat nasional dalam kategori “Top CEO BUMD 2017 Kategori CEO BUMD Berbasis Character & Soft Competency", bilamana para Stakeholders BRK tidak komit dalam menumbuhkembangkan BRK.
 
Irvandi menegaskan award TOP CEO BUMD 2017 yang diraih BRK tersebut, adalah milik dari seluruh Stakeholders (pemangku kepentingan) BRK, termasuk insan media. Lagi-lagi Dirut BRK ini menyampaikan bahwa walaupun BRK telah tampil di berbagai award level nasional, para pihak di BRK tetap harus mawas diri dan tidak boleh lengah dan siap selalu untuk melakukan perubahan sesuai pasar.
 
"Award ini sepatutnya kita syukuri sebagai “Nikmat Allah”. Jauh lebih penting yang harus ditonjolkan kedepannya harus lebih baik dan jangan lupa proses perubahan itu sangat dinamis dan pesaing selalu tidak diam dalam era “competitiveness” ini," ujar Irvandi. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index