Pemprov Riau Terima Opini WTP dari BPK, Andi Rachman Sampaikan Terima Kasih...

Pemprov Riau Terima Opini WTP dari BPK, Andi  Rachman Sampaikan Terima Kasih...
Anggota Tim 7 BPK RI, Prof. Eddy Setiadi Mulyadi menyerahkan laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemprov Riau kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman disaksikan ketua DPRD Riau, Septina primawati Rusli.

Pekanbaru (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Provinsi Riau menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penyerahan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dilakukan dalam Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau yang dilaksanakan Selasa (30/5/2017) siang di Pekanbaru oleh Anggota 7 BPK RI, Prof.Eddy Setiadi Mulyadi.

Dalam penjelasannya dihadapan anggota DPRD yang juga dihadiri Gubernur Riau Aersyadjuliandi Rachman, Eddy menyebutkan kalau penilaian apa yang dilakukan BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemprov Riau adalah hasil dari kerja profesional dan bukan semata jaminan ada tidaknya penyimpangan.

Pemeriksaan yang dilakukan BPK ditujukan untuk membatasi potensi terjadinya kerugian negara yang disebabkan oleh kesalahan dalam sistem akuntansi, pola penyelenggaraan keuangan negara.

Meski mendapatkan opini Wajar tanpa pengecualian, Eddy menyebutkan masih ada beberapa kesalahan dalam sistem keuangan pemerintah provinsi Riau.

Salah satunya, disebutkan dia adalah masih ada anggaran  yang diposting dan bukan kewenangan Pemrov Riau.

Disamping itu, Pemprov juga belum menerbitkan buklti transaksi  penggunaan anggaran tahun 2016 dan beberapa hal yang masih ditunggu konfirmasinya dari Pemprov Riau.

''Kita tunggu jawaban dan konfirmasi dari pejabat terkait selambat-lambatnya 15 hari semenjak penyerahan laporan hasil penilaian ini. BPK juga siap untuk melakukan konsultasi atas laporan yang dikeluarkan oleh BPK atas penyelenggaraan keuangan pemerintah daerah,'' kata dia.

''Kita berharap, hasil pemeriksaan ini menjadi motivasi dan mampu memberi dorongan untuk peningkatan kinerja Pemprov Riau,'' harapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya saat paripurna menyampaikan terima kasih atas kinerja dan masukan yang diberikan anggota 7 BPK RI untuk penyelenggaraan keuangan Pemprov Riau.

''Kami akan memperhatikan masukan yang disampaikan untuk perbaikan kinerja Pemprov Riau ke depan,'' kata Andi Rachman Singkat.

Dalam paripurna istimewa itu itu juga dilakukan penyerahan laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemprov Riau oleh Prof. Eddy Setiadi Mulyadi yang juga disaksikan Ketua DPRD Riau, Septina primawati Rusli.

Septina dalam kesempatan itu juga berharap capaian ini bisa terus mendorong dan memotivasi jajaran Pemprov Riau dalam menciptakan sistem pemerintaha yang bersih dan akuntabel. (R04)

Listrik Indonesia

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index