Disnak Dumai Bentuk Posko Rabies Center

Disnak Dumai Bentuk Posko Rabies Center
Ilustrasi

 

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Untuk mencegah rabies, Dinas Peternakan Kota Dumai membentuk posko Rabies Center untuk pelaporan masyarakat memiliki hewan peliharaan dan pencegahan penyakit akibat gigitan hewan penular tersebut.
 
Kepala Disnak Dumai Syafrizal menyebutkan, pembentukan posko ini sebagai informasi dan peringatan dini mengenai kasus gigitan maupun program ppenanggulangan dan penanganan kasus rabies.
 
"Diharapkan posko Dumai Rabies Center ini dapat memberikan dampak yang sangat positif dalam mencegah rabies," katanya, Rabu (4/11).
 
Dia juga berharap kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit rabies dapat ditingkatkan secara terus menerus agar bisa memahami dan ikut berpartisipasi aktif dalam penanggulangan rabies.
 
Posko pelaporan rabies telah didirikan sejak 24 September 2015 lalu, dimana poskonya terletak di kantor Disna Kota Dumai. Selain datang ke posko, masyarakat juga bisa melaporkannya secara online melalui whatsapp yang dimiliki oleh para aparatur Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Pusat Kesehatan Hewan Kota Dumai.
 
Ditegaskannya, beberapa upaya juga telah dilakukan Disnak Dumai dalam menangani persoalan rabies di Kota Dumai, selain pemberian vaksinasi gratis kepada Hewan Penular Rabies (HPR) seperti kucing, anjing dan kera, juga rutin melakukan eliminasi anjing liar, serta melakukan kebiri untuk menekan angka populasi hewan penular rabies di Kota Dumai.
 
Disamping itu, Disnak juga terus melakukan komunikasi informasi dan edukasi (KEI) atau sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait bahaya rabies.
 
"Saat ini tidak kurang ada sekitar 5.000 ekor hewan penular rabies telah divaksin anti rabies tiap tahun dan pengendalian atau kontrol populasi hewan melalui human euthanasi dan sterilisasi hean penular rabies juga selalu dilakukan," jelasnya. (MCR/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index