Baru Berkembang di Pekanbaru, Bengkalis dan Dumai

Ini Peluang dan Tantangan Pengembangan Ekonomi Syariah di Riau

Ini Peluang dan Tantangan Pengembangan Ekonomi Syariah di Riau
Kepala BI Riau Siti Astiyah saat menyampaikan sambutan
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan kultur budaya melayunya yang kuat, Riau menjadi salah satu daerah yang potensial untuk pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.
 
Hal itu disampaikan Kepala KPw BI Riau, Siti Astiyah dalam sambutannya pada acara Seminar Sosialisasi dan Bedah Buku "Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia", Selasa, 13 Juni 2017 di Pekanbaru.
 
Menurut Siti, disamping besarnya peluang, ada banyak tantangan yang harus dilalui sehingga sektor ekonomi syariah bisa bergerak maju dan mampu menjadi pilihan bagi masyarakat dalam bertransaksi.
 
Secara umum menurutnya, memang ada perkembangan sektor syariah yang cukup baik di Riau, namun hal ini belum sepenuhnya sesuai dengan harapan, perlu kerja keras dalam mendorong agar ekonomi syariah terus tumbuh dan berkembang baik dari sisi aset maupun penyaluran kredit.
 
"Memang sektor ekonomi syariah saat ini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Nasional, namun kontribusinya belumlah terlalu maksimal dari apa yang kita diharapkan," ujarnya.
 
Ditambahkannya, beberapa peluang pengembangan ekonomi syariah di Riau, diantara selain populasi melayu dan islamnya juga banyaknya sekolah-sekolah Islam seperti pesantren dan lainnya, ada juga lembaga dan komunitas muslim yang cukup banyak.
 
"Akan sangat mudah memberikan pemahaman kepada orang yang punya latar belakang pemahanan islam yang baik, makanya orang Riau harusnya bisa dengan sangat mudah dalam menerima konsep syariah," kata Siti.
 
Namun demikian, ada tantangan yang harus dilalui, seperti masih terbatasnya sebaran kantor cabang Bank Syariah di Riau, modal bank syariah yang masih kecil serta masih terbatasnya sumber daya manusia (SDM) di sektor syariah.
 
Di sisi lain, Siti Astiyah juga menyoroti terkait masih terbatasnya sebaran perkembangan ekonomi syariah di Riau. Ia menyebut baru Kota Pekanbaru, Bengkalis dan juga Dumai yang perkembangan dan pertumbuhan ekonomi syariahnya menggembirakan.
 
"Ini jadi perhatian kita, bagaimana mendorong daerah lainnya juga bisa meningkat pertumbuhannya dan kesadaran masyrakatnya untuk menggunakan jasa dan produk perbankan syariah," pungkasnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index