Sidang Paripurna Hari Jadi Pekanbaru Ke-233 di Gedung DPRD Berlangsung Khidmad

Sidang Paripurna Hari Jadi Pekanbaru Ke-233 di Gedung DPRD Berlangsung Khidmad
Foto bersama Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH, Wali Kota Dr Firdaus ST, MT, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman
 
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hari ini, seluruh masyarakat Kota Pekanbaru berulang tahun. Ya, Jumat, 23 Juni 2017, Kota Pekanbaru, kota bertuah yang madani tepat berusia 233 tahun.
 
Menandai perayaan hari jadi Kota yang dulunya bernama Bandar Senapelan ini, Jumat (23/6/2017), DPRD Pekanbaru menggelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Pekanbaru Ke-233.
 
Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril SH dan dihadiri  Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST, MT, Wakil Wali Kota, Ayat Cahyadi serta ratusan pejabat daerah.
 
Sahril menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ini mermiliki arti penting dalam mengingat dan menyemangati Pekanbaru hari ini dan ke depan. Dia pun berharap ke depan Pekanbaru bisa tumbuh dan terus berkembang lebih maju lagi.
 
Dalam paripurna itu, juga dilakukan pembacaan memiro tentang tumbuh kembang kota Pekanbaru oleh Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Pekanbaru, Afrizal Usman.
 
Memori itu berkisah tentang perjalanan waktu Kota Pekanbaru dari masa ke masa, hingga kemudian berkembang menjadi dewasa ini.
 
''Pekanbaru berawal dari sebuah dusun kecil di pinggir Sungai Siak yang bernama Senapelan. Dusun itu tumbuh seiring dengan perkembangan wilayahnya yang melintasi banyak kawasan. Dahulu, aktivitas masyarakat bermula dari tepian Sungai Siak, berlanjut di Senepelan. Dalam perkembangannya, Pekanbaru tumbuh, sungai tak bisa menjadi satu-satunya moda transportasi manusia, hingga akhirnya pemerintah membuat jalan-jalan di sekitar kota.Ternyata, posisinya yang strategis dalam persilangan antar wilayah di SUmatera, juga wilayah-wilayah di seluruh Riau, membuat Pekanbaru berkembang, menjadi kota kecil, kotamadya hingga kini menjadi kota Metropolitan yang madani,'' ungkap Afrizal.
 
Dalam perjalanannya, Pekanbaru pernah dipimpin oleh 17 kepala daerah yang berperan dalam menjadikan Pekanbaru tumbuh dan berkembang seperti saat  ini.
 
Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH membuka paripurna istimewa Hari Jadi Pekanbaru Ke-233.
 
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST, MT   yang  didapuk memberikan sambutan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD bersempena Hari Jadi Pekanbaru 233 mengungkapkan,  tumbuh kembang Pekanbaru hari ini tak lepas dari awal pendiriannya. 
 
''Kini Pekanbaru bukan saja tumbuh menjadi kota Metropolitan, namun juga unggul dalam banyak hal,'' kata Firdaus. 
 
Seluruh infrstruktur fisik yang dibutuhkan untuk sebuah kota diberikan dengan kualitas terbaik. Mulai dari  infastruktur jalan, sekolah, puskesmas dan rumah sakit, lapangan kerja terbuka lebar.
 
Anggota DPRD Aidil Amri  saat acara paripurna berlangsung.
 
 
Pekanbaru, sebut Firdaus juga menjadi daerah yang mempunyai Indeks Produktivitas Manusia (IPM) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Riau, bahkan mengalahkan Jakarta. 
 
IPM Pekanbaru juga mengalahkan Malaysia dan Thailand. Hal tersebut patut disyukuri sebagai bagian dari kemajuan yang bisa dicapai Pekanbaru sampai saat ini. 
 
Ketersediaan infrastruktur pendukung pembangunan aktivitas publik seperti jalan, air bersih, listrik sudah merata di hampir seluruh wilayah Pekanbaru. Pemko Pekanbaru mempunyai visi lima tahun ke depan menjadikan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani dan Smart City.
 
Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST, MT saat menyampaikan pidato pengantar.
 
Smart City itu, kata Firdaus terdiri dari enam unsur, seluruhnya harus saling bersinergi untuk menciptakan Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani dan Smart City, keenamnya adalah: 
 
1. Smart Otonomi: Ini berkaitan dengan jajaran pemerintahan yang cerdas, mempunyai visi membangun dan enterpreneur, mau bekerja keras dan punya komitmen menciptakan pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang baik.
 
2. Smart People: Smart People sendiri diartikan sebagai masyarakat yang cerdas, mampu bersaing dan siap mendukung tumbuh kembang kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang smart city.
 
3. Smart Ekonomi: Pekanbaru harusd tumbuh menjadi kota yang berdaya saiing tinggi terhadap aktivbitas perekonomian. Daya dukung wilayah yang strategis harus bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah, khususnya secara ekonomi.
 
4. Smart Environment: yakni daerah dan masyarakat yang juga mempunyai kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, mampu menjalin sinergi. 
 
5. Smart Community: yakni daerah yang dibangun dengan daya dukung tinggi dari komponen masyarakatnya serta 
 
6. Smart Living, yakni kota yang ramah terhadap lingkungan, tetap memperhatikan aspek keindahan, kesejukan, pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap memperhatikan kelayakan lingkungan.
 
 
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat menyampaikan pidoto sambutan  Hari Jadi Pekanbaru.
 
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat  menghadiri Paripurna Istimewa DPRD Riau terkait Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-233  tak lupa  menyampaikan tahniah dan ucapan selamat atas hari jadi dan  kemajuan yang telah diraih Kota Pekanbaru.
 
Menggunakan teluk belanga berwarna krem, Arsyadjuliandi Rachman yang duduk diapit Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril SH dan Wali Kota Pekanbaru, Dr. Firdaus ST MT menyampaikan apresiasinya atas kemajuan yang telah diraih Pekanbaru. 
 
''Sebelumnya kami ucapkan selamat hari jadi Pekanbaru Ke-233. Peringatan hari jadi ini punya arti mendalam, khususnya dalam mengenang dan melanjutkan apa yang telah dan akan dilakukan ke depan,'' kata Gubernur.
 
''Kami mengaspresiasi apa yang telah dilakukan dan apa yang sudah disampaikan Bapak Wali Kota tadi. Kita berharap, semau itu bisa diwujudkan dan terealisasi, menuju Kota Pekanbaru Smart City Madani,'' imbuh dia. 
 
Hal tersebut disampaikan Andi Rachman saat memberikan sambutan pada paripurna DPRD di gedung sidang utama DPRD Pekanbaru. 
 
Tampak hadir pada paripurna tersebut unsur pimpinan DPRD, Sigit Yuwono, Romi SInaga, juga unsur Forkopimda Pekanbaru. (R04/advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index