Bertekad Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkab Rohil Gesa Pembangunan Perkantoran Baru

Bertekad Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkab Rohil Gesa Pembangunan Perkantoran Baru
Perkantoran Pemkab Rohil Berdiri megah di Batu Enam.
 
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pemkab Rohil terus menggesa pembangunan perkantoran barunya.
 
Harus diakui bahwa pembangunannya sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Infastruktur diperlukan mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat kepenghuluan/kelurahan. 
 
Beberapa kali, Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau, Suyatno, melihat kondisi terakhir kantor baru bupati di kawasan Batu Enam. Peninjauan tersebut untuk melihat kondisi listrik, AC dan air. Hasilnya, semua yang dicek, tidak ada masalah. 
 
Suyatno menjelaskan, dengan ditempatinya gedung tersebut maka masyarakat tidak bisa lagi menyindir pemerintah. Belum ditempatinya gedung tersebut, disebabkan kesiapan pemerintah untuk menyelesaian sarana dan prasarana penunjang, belum 100 persen terpenuhi seperti listrik dan air bersih.
 
Selain itu, untuk penempatan ruangan direncanakan hanya digunakan 4 lantai saja, terutama untuk  bagian Sekretariat Daerah Rokan Hilir dan bagi dinas yang masih belum memiliki gedung secara permanen.
 
Jika gedung tersebut sudah ditempati, Suyatno meminta kepada pegawai agar bisa menjaga kebersihan gedung, sehingga masyarakat bisa merasa nyaman saat datang berkunjung.
 
Kawasan batu 6, salah satu kawasan yang dirancang sedemikian rupa untuk dijadikan kawasan perkantoran, termasuk di kawasan ini sudah berdiri kantor bupati delapan lantai dan telah difungsikan. 
 
 
 
Bupati Rohil Suyatno foto bersam jajarannya dengan latar belakang kantor baru
 
 
Kantor ini bahkan menjadi ikon baru Kabupaten Rokan Hilir, sehingga, bagi wisatawan yang berkujung ke Bagansiapiapi, biasanya berfoto dengan latar kantor bupati, tidak pernah dilupakan, dan menjadi kebanggaan. 
 
Untuk kantor bupati, saat ini telah dipergunakan, bupati, wakil bupati, sekda, asisten, kabag sampai pengawai honorer sekretariat daerah sudah ngantor ditempat ini, sementara kantor bupati lama di Jalan Merdeka, Bagansiapiapi telah diperuntukkan bagi Bagaian Keuangan dan kedepan akan dipergunakan sebagai kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, ditambah lantai IV menjadi ruang rapat, sedangkan Bagian Keuangan di Jalan Merdeka dipergunakan untuk Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu.
 
Menyusul infrastruktur pemerintah lain, kantor SKPD mulai difungsikan, jika disusuri mulai dari Jalan Kecamatan, SKPD yang sudah memiliki kantor sendiri, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pendapatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Satpol PP, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar. 
 
Menyusul Badan Ketahanan Pangan, Kantor Pemberdayaan Wanita, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan (menumpang di Museum Ikan, red), Dinas kehutanan, Dinas Sosial (memanfaatkan rencana kantor Pengadilan Negeri, red), Badan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Cipta Karya, Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Perkebunan (memanfaatkan bangunan Museum Sain, red). 
 
Lalu, beberapa infrastruktur pemerintah tingkat kabupaten yang belum ada sama sekali dan masih menyewa, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pengelola Perbatasan, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Pengendalian Bencana Daerah dan Sekretariat Korpri. 
 
Kantor pemerintah yang sudah dibangun tapi belum pindah, Inspektorat, Sekretariat DPRD. Ada juga kantor yang sudah permanen, namun tidak berada di kawasan Batu 6, Badan Kepegawaian Daerah, sudah memiliki kantor di Jalan Perwira Bagansiapiapi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Jalan Utama. 
 
Kemudian dari pada itu, infrastruktur pemerintah ditingkat kecamatan, yang sudah memiliki kantor camat serta UPTD tingkat kecamatan, diantaranya Kecamatan Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih, Bangko Pusako, Bagansinembah, Pujud, Simpang Kanan, Kubu. 
 
Sedangkan kecamatan yang dikatergorikan belum memiliki infrastruktur tingkat kecamatan yang memadai dan agak parah, Kecamatan Sinaboi, Pasir Limau Kapas, Rantau Kopar, Pekaitan, sudah ada kantor camat, tapi miring dan belum ada jalan masuk menuju kantor, Kubu Babussalam, lalu kecamatan baru, Balai Jaya, Bagansinembah Raya dan Tanjung Medan. 
 
Lalu, kondisi terparah dialami kelurahan dan kepenghuluan di Rokan Hilir, baru sedikit kantor lurah dan kantor penghulu yang sudah ada, selebihnya masih ngontrak, bahkan ada yang masih memanfaatkan rumah datuk/datin penghulu bahkan bekas bengkel. 
 
Datuk/datin penghulu, setiap musrenbang memekik keras, meminta agar kantor penghulu mereka dibangun, karena untuk menjalankan administrasi ditingkat kepenghuluan, mereka masih kesulitan. 
 
Bahkan, di Kepenghuluan Pulau Jemur, kantor penghulu pernah dibangun di gugusan Pulau Arwah, tepatnya di Labuhan Bilik, tentu kantor ini tidak berfungsi maksimal, karena jaraknya sangat jauh dari masyarakat yang telah bermukim dibagian darat, dan kantornya menjadi tidak bisa difungsikan lagi, dan perlu kantor penghulu yang baru di bagian darat, dekat dengan pemukiman masyarakat. 
 
Beranjak dari kondisi ril infrastruktur pemerintah tersebut, upaya yang dilakukan pemerintah untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat pada setiap tingkatan membangun secara bertahap dan mendorong agar kantor SKPD yang sudah siap segera difungsikan. 
 
Untuk infrastruktur pemerintah ditingkat kabupaten, melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), terus membangun perkantoran yang pemusatannya di komplek perkantoran batu enam. Memang banyak yang sudah siap dan belum ditempati, masih menunggu serah terima dari Dinas CKTR kepada SKPD terkait. 
 
Untuk kantor SKPD yang belum ada sama sekali, Dinas CKTR terus berupaya memperjuangkan anggaran, agar sejumlah kantor itu bisa dibangun yang baru, dan lagi-lagi tempatnya memang di Batu Enam. 
 
Disamping perlunya penyiapan infrastruktur, kantor SKPD yang sudah selesai, juga didorong segera pindah, diantaranya Dinas Kesehatan, mereka nekad pindah kekantor baru, meski disaat mereka baru menempati, jalan masuk kekantor itu belum ada. 
 
Mereka memarkir kendaraan, baik roda dua maupun roda empat pada bagian samping kantor, bahkan ada yang membawa sepeda motor parkir kedalam kantor. Namun kondisi itu tidak berlangsung lama, melalui anggaran dinas terkait dan Dinas CKTR, box culver yang dibutuhkan untuk menopang jalan masuk ke kantor itu, sudah dibangun. 
 
Kemudian, upaya yang dilakukan untuk memenuhi infrastruktur pemerintahan pada tingkatan kecamatan, untuk kantor camat, melalui Asisten Bidang Pemerintahan, terus membangun kantor camat yang baru secara bertahap. 
 
 
 
Bupati Rohil Suyatno saat melakukan peninjuan
 
Bahkan untuk beberapa kantor camat yang sudah sangat parah, akan mendapatkan prioritas pertama pada tahun anggaran 2016, diantaranya kantor Camat Sinaboi, sedangkan untuk kantor Camat Pekaitan, dibuat jalan masuk kekantor itu, sehingga diharapkan dalam waktu dekat, kantor itu bisa dipergunakan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. 
 
Perhatian juga diberikan kepada kecamatan yang baru dimekarkan, kantor camat menjadi prioritas utama, ditargetkan dalam waktu tidak terlalu lama, kantor camat selesai dibangun. 
 
Upaya lain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, keberadaan UPTD disetiap kecamatan, melalui SKPD terkait, UPTD terus dibangun, beberapa kecamatan induk, UPTD sudah lengkap, namun untuk kecamatan yang baru, memang kantor UPTD belum ada sama sekali. 
 
Untuk UPTD ini, baik pendidikan, pertanian dan peternakan, kesehatan, perikanan, pendapatan serta kebutuhan lain, secara bertahap juga telah dibangun, dan akan terus dibangun sampai tuntas, lagi-lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. 
 
Asisten Bidang Pemerintahan, Drs. Muhammad Rusli Syarif, M.Si menjelaskan, delapan kantor camat perlu dibangun baru, diantaranya tiga kecamatan baru. Sedangkan untuk pembangunan kantor penghulu dan kantor camat itu, sudah diserahkan kepada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. 
 
Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Suwandi, S.Sos mengurai, tahun 2016, Pemkab Rohil membangun tiga kantor camat baru, kantor camat, Balai Jaya, Bagansinembah Raya dan Tanjung Medan, ditambah satu pembangunan lanjutan, kantor camat Rantau Kopar, sedangkan untuk kantor penghulu, dibangun empat buah kantor. 
 
Kantor SKPD diakuinya banyak yang belum ada, secara berangsur-angsur akan tetap dibangun. Namun fokus utama Pemkab Rohil memfungsikan bangunan yang sudah dibangun tapi belum difungsikan, diantaranya menjadikan Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk Badan Kepegawaian Daerah (BKD) besama Balai Diklat. (Advertorial/R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index