Alhamdulillah, Baznas Bengkalis Himpun Dana Zakat Lebih Rp500 Juta

Alhamdulillah, Baznas Bengkalis Himpun Dana Zakat Lebih Rp500 Juta
Ilustrasi
BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Sejak dikukuhkan Januari 2017 sampai Juni 2017, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis berhasil menghimpun dana sekitar Rp500 juta lebih.
 
Sebagaimana disampaikan Wakil Ketua IV Baznas Kabupaten Bengkalis, Sapuan, dari data yang direkap, adapun dana zakat yang terhimpun sepanjang Januari-Juni 2017 dari para muzakki mencapai Rp555.584.027.
 
Kemudian infak dari kaum muslimin berjumlah Rp7.124.000.Sebagian besar dana dihimpun selama Ramadan tahun ini, besarnya mencapai Rp300 juta lebih.
 
Lebih jauh dijelaskan pria yang juga guru di salah satu SD di Kota Bengkalis ini, bahwa keseluruhan dana zakat yang dihimpun tersebut berasal dari para muzaki yang totalnya sebanyak 115 muzaki, yang terdiri dari 30 muzaki berupa badan/lembaga dan 85 muzaki secara individu atau perorangan.
 
"Dari sekian banyak dana zakat yang sudah terkumpul itu, sampai saat ini sudah kita salurkan lebih kepada 80 persen mustahik zakat. Adapun total mustahik zakat hingga Juni ini mencapai 1097 mustahik," terang Sapuan lagi seraya menambahkan jika jumlah mustahik yang disalurkan dana zakat pada bulan Ramadan ini mencapai 1000 orang.
 
Dia juga menyebut, selain pihaknya mendistribusikan dana zakat kepada para mustahik zakat yang dipergunakan untuk keperluan komsumtif, zakat yang disalurkan bagi membantu masyarakat dalam meningkatkan usaha dan ekonomi (zakat produktif). 
 
Diantara para mustahik zakat yang didistribusikan melalui zakat ini meluputi mereka-mereka yang bergerak di bidang UKM, usaha pangkas rambut dan penjual gorengan.
 
"Mudah-mudahan kedepan akan banyak pihak yang mau mempercayakan penyerahan zakat mereka kepada kita. Dan tentunya kita akan berkomitmen untuk mengelolanya secara benar sesuai aturan yang ada," katanya mengakhiri. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index