DPRD Inhil Desak Pemerintah Segera Cairkan Dana Desa

DPRD Inhil Desak Pemerintah Segera Cairkan Dana Desa
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Yusuf Said selaku  Ketua Komisi I  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) Bagian Komisi I mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera mencairkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
 
Hal itu dikatakannya saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, BPKAD, Bagian Hukum dan Inspektorat, Senin (12/06/17) yang lalu. 
 
"Minggu ini, kami ingin pencairan sudah bisa dilakukan, kami juga tidak mengerti apa kendalanya sehingga hingga saat ini dana itu tak kunjung cair," Kata Yusuf Said.
 
Dikatakannya,  dengan dipercepatnya pencairan agar dapat memudahkan desa untuk menjalankan pembangunan. "Sehingga infrastruktur maupun program lainnya dapat terlaksana dengan baik dan todak terkesan tergesa-gesa, " tegasnya.
 
Sementara itu, Menanggapi hal tersebut sekretaris dinas PMD, Budi, mengatakan bahwa untuk pencairan saat ini masih dalam tahap evaluasi di tingkat kecamatan.
 
"Masih dalam tahap evaluasi ditingkat kecamatan, dan saat ini sudah ada empat desa yang sudah mengajukan," ujar Budi.
 
Dan menurut Kepala BPKAD yang di wakili oleh Kabid Penerimaan dan Pengeluaran Kas BPKAD, Feri Irawan, bahwasanya saat ini baru ada empat desa yang sudah memenuhi persyaratan pencairan, maka ia meminta untuk segera diajukan ke BPKAD.
 
"Tidak perlu menunggu semua desa memenuhi persyaratan, jika memang sudah ada empat desa yang memenuhi segera ajukan. Ini untuk memotivasi desa-desa yang lain agar segera dan cepat juga menyiapkan APBDesnya," ungkap Feri Irawan.
 
Tidak hanya meminta percepatan terhadap APBDes, komisi I pada malam itu juga meminta jadwal pilkades yang akan dilakukan.
 
"Banyak tahapan yang harus dilalui, sehingga nantinya tidak ada masalah saat pemilihan. Yang krusial itu desa sialang jaya dan desa pembenaan, yang menurut peraturan pilkadesnya melalui antar waktu," jelasnya. (R11/Advertorial)

Listrik Indonesia

#Advertorial DPRD Inhil

Index

Berita Lainnya

Index