Gedung Pemerintahan Megah dan Mewah

ASTAGAAA... Masih Ada Sekolah Seperti Ini di Kampar, Berlantaikan Tanah Berdinding Anyaman Bambu

ASTAGAAA... Masih Ada Sekolah Seperti Ini di Kampar, Berlantaikan Tanah Berdinding Anyaman Bambu
Bangunan sekolah yang memprihatinkan
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Kadang tak salah juga kita menyalahkan pemerintah yang seolah tak peduli dengan nasib generasi bangsa ini. Terutama bagi saudara-saudara kita yang tinggal jauh dari pusat pemerintahan.
 
Pemerintah sanggup membangun gedung perkantoran yang megah dan mewah untuk kebutuhan para pejabat, namun selalu tak punya anggaran yang cukup untuk sekadar membangun sekolah yang layak buat anak bangs aini.
 
Apalagi di Kampar, Riau, yang dikenal sebagai daerah yang dari dulu sangat mengutamakan pendidikan bagi masyarakatnya, tapi kalau melihat bangunan sekolah yang satu ini, kita seakan tak percaya.
 
Ada dua sekolah dasar negeri (SDN) di Desa Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu, yang fasilitasnya sangat minim. Yakni, SDN 028 dan SDN 026 Danau Lancang. Betapa tidak, kita sangat miris melihat ruang belajar muridnya semi permanen, dan berlantai tanah.
 
Memang, lokasi sekolah ini, memang jauh dari pusat Pemerintah Kabupaten Kampar. Kalau berkendara dari Bangkinang Kota, akan memakan waktu sekitar 3,5 jam. Namun tentu saja hal ini tak lantas membuat pemerintah seakan tak peduli. 
 
Akses jalan menuju sekolah masih tanah. Belum ada aspal. Dari jalan aspal terakhir, ada setengah jam lebih melewati jalan tanah, melintasi kebun-kebun sawit. Jalan tanah ini, dinamai Jalan Mandau.
 
Di kilometer 40 Jalan Mandau, tepatnya di  Dusun V, Desa Danau Lancang, ditemui SDN 028 Danau Lancang. Di sini, ada dua ruang belajar yang berlatai tanah. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu yang tidak utuh  lagi. Sudah rusak. Bolong-bolong karena rapuh. Bahkan, lebih banyak yang rusak daripada yang utuh. Sehingga jika hujan, air akan masuk ke ruangan itu. 
 
Di SDN 026 Danau Lancang, hampir sama kondisinya. Lokasinua sekitar 8 kilometer dari SDN 028. Tepatnya di Jalan Mandau kilometer 48, Dusun V, Desa Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu.
 
Di SDN 026 Danau Lancang ini, ada sekitar enam ruang belajar yang dibangun semi permanen. Dindingnya papan yang sudah rapuh, dan tidak ada loteng. Fasilitas meja dan bangku, juga sudah banyak yang rusak, dan tidak layak pakai. (R10/Skc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index