Juara I IVA Test, PKK Inhil Bakal Wakili Riau di Tingkat Nasional

Juara I IVA Test, PKK Inhil Bakal Wakili Riau di Tingkat Nasional

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tim PKK Kabupaten Indragiri Hilir keluar sebagai juara I pelaksanaan Inspeksi Visual Asam (IVA) Tes tingkat Provinsi Riau, kemenangan diraih Negeri Seribu Parit ini berkat Kecamatan Tembilahan yang telah melakukan IVA Tes kepada 15.153 sasaran.

Penghargaan diserahkan langsung oleh, Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim kepada Wakil Ketua IV TP PKK Inhil Raihana Razak, Selasa (18/7/17) malam.

Dengan diraihnya penghargaan ini, Ketua TP PKK Inhil Zulaikhah Wardan mengucapkan terimakasih atas dukungan dan perhatian yang besar sehingga PKK Inhil dapat melaksanakan program dengan baik dan lancar.

"Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerjasama, khususnya dalam kegiatan IVA Tes ini, saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga Kepada Kadiskes, Kepala Pukesmas se-Inhil beserta jajaran, Camat dan Ketua PKK se-Inhil atas kerja keras dan kesungguhannya dalam melaksanakan program IVA Tes sehingga kita berhsil mendapat juara I tingkat Provinsi Riau," ujar istri dari Bupati Inhil H Muhammad Wardan itu.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, dikatakan wanita yang akrab disapa Ikha ini, Tim Nasional akan turun ke Inhil untuk melaksanakan penilaian tingkat Nasional mewakili Riau.

"Mohon dukungan dan kerjasama kita semua terutama OPD terkait, semoga kita berhasil sukses untuk tingkat Nasional mewakili Riau," tukas Zulaikhah Wardan.

Untuk diketahui, Inhil meraih peringkat pertama untuk IVA tes dikarenakan telah melakukan pemeriksaan kepada 15.153 orang, dimana untuk Kecamatan Tembilahan saja, sudah dilakukan IVA tes kepada 1.456 orang.

IVA tes sendiri merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5 persen.Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi. (R17/Advertorial)

Listrik Indonesia

#Advertorial Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index