PLN Bangun 456 Tower SUTET di Rohul

PLN Bangun 456 Tower SUTET di Rohul
Tower Sutet

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Untuk mengatasi ketersediaan dan menstabilkan arus listrik kepada Masyarakat Rokan Hulu (Rohul), pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul, mendukung penuh program PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Yaitu pembangunan sekitar 456 tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) atau SUTT dari Kabupaten Kampar hingga Kecamatan Rambah Hilir.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Rohul Drs. Yusmar MSi di kantornya Komplek Bina praja (4/11/2015).

Dirinya mengakui sudah melakukan koordinasi dengan pihak PT PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau diwakili Enrizal Mustafa, perwakilan dari PT PLN Sumbagut, pelaksana pemenang tender, dan Manager PT PLN Rayon Pasirpangaraian Andi Prasetya, pada selasa (3/11) lalu di kantornya.

"Kita akan mendukung penuh PLN dalam membangun tower tersebut, selagi demi kepentingan masyarakat banyak. Kami siap mendukung se maksimal mungkin," katanya.

Yusmar mengungkapkan dalam koordinasi itu, pihak PT PLN telah menyatakan kesiapannya untuk memfungsikan Gardu Induk (GI) yang telah dibangun di Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah. GI ini akan diinterkoneksikan dengan jaringan se-Sumatera.

Daya sekira 150 mega watt (MW) di GI ini rencananya akan dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang Kabupaten Kampar dan pasokan dari pembangkit di Tenayan Raya, Kota Lebih lanjut diungkapkannya, untuk memfungsikan GI di Desa Rambah Hilir Tengah yang sudah selesai dibangun.

PT PLN akan membangun sekira 456 tower SUTET, terdiri 105 tower akan dibangun di Kabupaten Kampar, dan 351 tower di Kabupaten Rohul meliputi di Kecamatan Kabun 90 tower, Tandun 90 tower, Ujungbatu 48 tower, Rambah Samo 43 tower, Rambah 54 tower, dan di Kecamatan Rambah Hilir 6 tower.

"Kita akan mencoba untuk menfasilitasi ke Pemkab Rohul pembebasan tapak tower," jelasnya. (TP/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index