Kerjasama dengan ITTO, APP Tanam 10 Ribu Bibit Pohon Meranti di Pelalawan

Kerjasama dengan ITTO, APP Tanam 10 Ribu Bibit Pohon Meranti di Pelalawan
Ilustrasi
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Sudah seharusnya korporasi peka terhadap lingkungan sekitar. Seperti yang dilakoni Asia Pulp and Paper (APP) Sinarmas. 
 
Salah satu lini bisnis Grup Sinar Mas tersebut menjalin kerjasama dengan Japan Agency for Environmental Business and International Tropical Timber Organization (ITTO).
 
Bentuk kerjasama itu untuk menanam 10.000 bibit pohon meranti asal Sumatera Utara di area konservasi pemasok kayu APP Sinarmas, Kecamatan Pelalawan, Provinsi Riau di atas lahan seluas 20 hektare (ha).
 
Penanaman Pohon Meranti asal Sumatera Utara ini dilakukan untuk membantu restorasi dan perlindungan hutan alam di Pelalawan. 
 
Project Manager ITTO Ma Hwan Ok mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara aktor penting dalam perubahan ikllim dan menekan laju deforestasi. 
 
"Menanam pohon pada lahan terdegradasi merupakan jalan terbaik dalam merestorasi lingkungan," ujarnya, Senin (7/8).
 
Lebih lanjut, Ma mengatakan penanaman pohon meranti ini mendapat dukungan dari sejumlah kalangan di Jepang seperti dari Guru Besar Yokohama National University Jepang Akira Miyawaki. 
 
Menurutnya, Akira menekankan pentingya konservasi hutan melalui penanaman bibit spesies asli yang berasal dari lingkungan vegetasi lahan yang menjadi target program restorasi.
 
Chairman APP Jepang Tan Ui Sian menambahkan, acara penanaman yang melibatkan warga Jepang ini merupakan yang ke empat sejak 2014 dari APP Sinarmas dalam melakukan inisiatif menanam pohon. (R02/Kontan)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index