Marah Diberitakan Main Proyek, Oknum DPRD Kampar Caci-Maki Wartawan

Marah Diberitakan Main Proyek, Oknum DPRD Kampar Caci-Maki Wartawan

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Kelakuan oknum anggota DPRD Kampar ini memang tak pantas ditiru, bukannya memberi contoh yang baik, ia justru melakukan hal sebaliknya.

Karena tak terima diberitakan oleh wartawan, salah seorang anggota DPRD Kampar atas nama Hendra Yani malah mencaci maki serta menyebut wartawan- maaf-anjing.

Kata-kata yang tidak pantas dilontarkan kepada Defrizal yang merupakan anggota PWI Kampar dari media online BerkasRiau.com.

Lelaki yang mengantongi kartu tanda anggota PWI Riau dengan nomor 03.00.KRDRL.316.17 dengan masa berlaku 15.03.2019 ditanda tangani oleh H. Deni Kurnia menceritakan, persoalan ini muncul setelah dirinya menulis berita tentang dugaan oknum anggota dewan Kampar bermain proyek.

Setelah beberapa jam berita itu terbit, Hendra Yani menelpon dan lansung marah-marah menyebut dirinya (wartawan) anjing dan Kambing.

"Dia menyebut saya Anjing, Kambing, dan banyak kata-kata kotor yang tidak sepantasnya diucapkan oleh seorang pejabat, namun itu dilontarkan kepada saya," ungkap Defrizal di Bangkinang, Kamis (10/8/2017) seperti dimuat suarakampar.

Defrizal menjelaskan kalau berita yang diterbitkannya pada Rabu (9/8/2017) itu sudah mendapat konfirmasi dari dua bela pihak tersebut. Bahkan ia juga sudah menyarankan kepada Hendra Yani untuk mengajukan hak jawab.

"Kalau komplain saya sudah menyuruh dia untuk mengajukan hak jawab, berdasarkan kode etik jurnalistik, kaedah pemberitaan saya sudah lengkap, dan sudah ada komentar dari kedua belah pihak," tegasnya.

Lantas kata-kata kotor yang dilontarkan Hendra Yani, Defrizal merasa tidak nyaman dan akan melaporkan ke pihak yang berwajib.

"Kita lihat nanti, yang jelas saya merasah dihina dan tidak punya harga diri dibilang binatang, kalau dia mau melapor silakan saja laporkan ke dewan pers sana, jangan main langsung ke polisi saja. Hargai demokrasi dong," ulas alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Padang itu.

Berikut bunyi rekaman suara Hendrayani.
"Masalah berita waangko, kan la den sobuik kek waang potang jan gara-gara wikem ndak terpenuhi sebagai tim waang sobuik den main proyek. Anjiong waang ko, woi lai tau waang di Bangkinang tu kawan deyen sodo tu lai tau waang, tengok la bisuok.

(Masalah berita kamu, kemaren sudah saya bilang jangan gara gara wikem kamu tidak terpenuhi kamu bilang saya main proyek. Anjing kamu, kamu tau gak semua orang di Bangkinang itu teman saya, kamu lihat saja nanti-red)," tiru Hendra Yani melalui rekaman suaranya.

Sekedar diketahui pada pemberitaan sebelumnya. Beredar isu yang sangat mengejutkan, ada salah seorang anggota DPRD Kampar bernama Hendrayani diduga menguasai proyek-proyek yang ada di Kampar. 

Menurut salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya ketika berbincang dengan awak media di Bangkinang, Rabu (9/8/2017), mengaku kecewa setelah mendapatkan informasi tersebut.

Dirinya menjelaskan, informasi yang didapat berasal dari kekecewaan kontraktor yang tidak mendapatkan proyek. Ironinya, bagi kontraktor yang mendapat proyek di APBD Kampar ini harus menyetor kepada Hendrayani 10 persen.

"Ini sangat kita sayangkan, selaku anggota dewan apakah boleh bermain proyek, dan yang lebihnya lagi adek kandung Hendrayani yang menjabat sebagai kepala desa saat ini juga menguasai dua proyek besar, seperti pembangunan jembatan di Sungai Tanduk Kecamatan Rumbio Jaya dan semenisasi di desa Rumbio," katanya.

Sementara itu, lelaki yang berbadan kecil itu juga menyayangkan dua proyek yang dikerjakan oleh adek Hendra Yani tidak menggunakan plang nama.

"Kami lewat disitu dan melihat proyek ini tidak memasang plang nama, lalu kami tanya kepada pekerja, katanya memang tidak ada dipasang," tukasnya.

Namun hal itupun lansung dimentahkan oleh anggota DPRD Kampar, Hendrayani ketika menghubungi wartawan mengaku itu semua hanya isu-isu untuk memecah.

"Itu tidak ada adinda, isu itu politik, kalau ada pasti lah Kampar ini heboh," bantahannya.

Ketika ditanya persoalan adeknya yang menjabat sebagai kepala desa menjalankan dua proyek ia juga mengelak, katanya tidak di perbolehkan kepala desa untuk bermain proyek.

"Tidak mungkin dia bermain proyek, coba la tengok plangnya, kalau kades sifatnya mengawasi," tutupnya. (R10/Sk)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index