Bupati Siak H. Syamsuar Apresiasi Pelaksanaan Pawai Karnaval HUT RI Ke-72

Bupati Siak H. Syamsuar Apresiasi Pelaksanaan Pawai Karnaval  HUT RI Ke-72
Bupati Syamsuar menyalami peserta pawai.

Bupati Siak H. Syamsuar apresiasi pawai karnaval tahun 2017
 
SIAK (RIAUSKY.COM)-  Ribuan peserta ikut ambil bagian pada pawai karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-72 tahun, di Negeri Istana,Siak.

Pelepasan pawai karnaval ini dipusatkan didepan RSUD Tengku Rafian Jalan Raja Kecik Kota Siak Sri Indrapura pada rabu (16/08/2017) petang.
 
Tampak ribuan peserta karnaval memadati jalan raja kecik yang mengikuti festival pawai karnaval, Ragam pakayan daerah se-nusantara menghiasai peserta pawai Karnaval tahun 2017 ini. 

Terlihat antusias masyarakat kota siak juga ucukup tinggi, ini terbukti ribuan masyarakat kota siak tumpah ruah turut menyaksikan disepanjang jalan raja kecik.
 
Bupati Siak H. Syamsuar seusai melepas peserta karnaval didepan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian, Mengapresiasi acara karnaval pada tahun ini. Apa lagi pada tahun ini pesertanya diikuti dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang turut ambil bagian untuk memeriahkan hari ulang tahun republik indonesia tahun 2017.
 
Menurutnya Karnaval ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat generasi muda terutama para pelajar akan lebih cinta dengan tanah air Indonesia. 

“Dalam rangka merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga jiwa patriotisme, dan nasionalisme yang di mulai pada anak-anak para pelajar siswa agar mereka senantiasa cinta tanah air.  Hal seperti ini menurut saya nilainya sangat bermakna dalam rangka memelihara kesatuan dan kesatuan NKRI sekaligus anak-anak akan cinta pada bangsanya,'' ungkap bupati.
 
Sementara itu laporan ketua panitia karnaval tahun 2017 yang di sampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Suprapto menyebutkan tema pawai karnaval pada tahun 2017 ini adalah (ragam budaya nusantara) dipilihnya tema ini bertujuan, untuk mengenalkan ragam budaya kepada siswa/siswi mulai tingkat TK sampai dengan tingkat SLTA.
 
Peserta yang mengikuti pawai karnaval ini berasal dari siswa/siswi dua kecamatan yaitu Kecamatan Siak dan Mempura dengan rincian jumlah sekolah yang ikut memeriahkan untuk TK RA dengan berjumlah 16, SD MI berjumlah 23, SMP/MTS berjumlah 9, SMA/MA berjumlah 5,dan SMK berjumlah 3. dengan total jumlah peserta pawai karnaval sebanyak 5600 peserta. Tahun ini festival karnaval diperlombakan dan pemenangnya akan memperoleh hadiah untuk juara 1,2,3 diberikan berupa tropi dan sertifikat. 
 
Dianatar ratusan peserta pawai karnaval yang melintasi di depan pentas Bupati, salah satunya peserta dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Siak yang bikin masyarakat sekitar pentas dan para undangan dibuat terharu, saat mendengarkan protokol membacakan sinopsis peserta SLB yang berbunyai. “ Dunia ABK (Anak berkemampuan khusus) adalah dunia yang amat menantang tetapi mulia,  menantang, Karena masa depan, tingkat kesulitan dan kekhususannya. MULIA Karena memuliakan manusia.
 
Mereka itu sering dilupakan, Tidak diinggatkan kalaupun ingat sering tidak dicatat, Kalaupun dicatat sering mereka tidak diangap, Kalaupun diangap seting tidak dilayani tertatih-tatih memburu dalam kesempatan, mereka juga anak bangsa yang punya hak hidup, Belajar dan pelayanan”. Sontak seluruh para undangan acara bertepuk tangan dan sang bupati terenyum gembira melihat begitu semangatnya para siswa SLB berjalan dan melintasi dihadapan undangan Bupati dan wakil bupati Siak.
  
Selain acara tersebut dihadiri oleh Bupati Siak H. Syamsuar juga tampak hadir Wakil Bupati Siak H. Alfedri,  Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dan pimpinan OPD Siak.
 
Rombongan pawai karnaval peserta pawai nya berhakir didepan Mesjid Al-Fatah jalan Sutomo untuk peserta tingkat TK dan SD sedangkan peserta tingkat SMP dan SMA sederajat akan berhakir di turap pasar Siak, direncanakan pada tahun depan setiap kecamatan akan di utus untuk mengirimkan peserta pawai karnavalnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index