Harris - Zardewan Jalani Prosesi Penabalan dan Timbalan Gelar Adat

Harris - Zardewan Jalani Prosesi Penabalan dan Timbalan Gelar Adat
Prosesi adat penambalan dan timbalan  gelar Adat Datuk Setia Amanah bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci,Senin (21/8/2017).

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Bupati Pelalawan HM Harris dan Wakil Bupati H.Zardewan beserta istri  jalani prosesi adat penabalan dan timbalan  gelar Adat Datuk Setia Amanah bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.Senin (21/8/2017).

Penambalan Gelar Datuk Setia Amanah untuk kedua kalinya  disematkan kepada Bupati Pelalawan HM Harris sedangkan timbalan gelar yang sama di berikan juga kepada Wakil Bupati H.Zardewan untuk kali pertamanya.

Rombongan Bupati dan Wakil Bupati H.M.Harris dan H.Zardewan diarak dengan kompang kemudian dilanjutkan dengan prosesi adat menaikkan tonggak tonggol, rombongan masuk ke dalam ruang gedung daerah.

Majelis Kerapatan Adat Lembaga Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan melalui Sekretaris Umum Nurjepri membacakan penambalan gelar adat kepada Bupati HM Harris dan Timbalan Wabup H.Zardewan. Keduanya akan menyandang gelar tersebut berlaku selama menjabat sebagai Kepala Daerah berdasarkan Surat Keputusan Fatwa Adat Majelis Kerapatan Adat Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan Nomor 01 Tahun 2017. Tanggal 11 Juli 2017 Tentang Penganugerahan Gelar Adat.

Sultan Pelalawan  Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen membacakan warkat penambalan kepada Bupati Harris dan Wabup H.Zardewan kemudian dilanjutkan pemasangan tanjak,selempang dan pemasangan keris serta tepuk tepung tawar kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan  yang dilakukan oleh Sultan Pelalawan  Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen beserta 4 datuk penghulu yang mendampingi.

Bupati Pelalawan H.M.Harris dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih untuk kedua kalinya mendapatkan penambalan gelar Datuk Setia Amanah beserta para datin yang mendampingi, disamping timbalan gelar yang di berikan kepada Wabup H.Zardewan. 

Ia berharap agar dapat menjalankan amanah didalam memimpin di Kabupaten Pelalawan ini. Dalam waktu yang tidak lama lagi akan diadakanya Mubes Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan. 

Mantan Ketua Adkasi ini  berharap adanya seminar sebagai tindak lanjut, bila usai dilaksanakannya Mubes yang akan di laksanakan di Kota Pangkalan  Kerinci, melihat kondisi masyarakat,kebudayaan generasi muda yang terkikis oleh pengaruh globalisasi dan teknologi,mempersiapkan SDM , perlunya kedepan kita memikirkan kelestarian kebudayaan dimana ninik mamak,tokoh masyarakat untuk mendudukkan kembali adat istiadat ditengah masyarakat di Kabupaten Pelalawan,apalagi melihat kondisi negara kita mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi persaingan global guna mencapai target nasional 2025.

Kepada Lembaga Adat ia berharap agar di perdakan hasil keputusan yang didapat karena dengan adanya lembaga adat bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kemandirian dan siap didalam persaingan global kedepan dalam waktu yang tidak lama lagi. "Tutup H.M.Harris.

Sementara itu di tempat yang sama usai dilaksanakan penambalan dan timbalan gelar adat Datuk Setia Amanah, Ketua Panitia T.Zulmizan Assegaf  mengatakan berdasarkan Rapat Lembaga Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan sepakat untuk memberikan penambalan serta timbalan adat gelar Datuk Setia Amanah kepada Bupati dan Wakil Bupati H.M.Harris dan H.Zardewan. 

Dengan penambalan serta timbalan secara adat kepada H.M.Harris dan H.Zardewan beserta Istri, secara adat H.M Harris dan H.Zardewan layak menjadi pimpinan adat di Kabupaten Pelalawan ini,"Imbuhnya

Rangkaian Acara juga dilaksanakan bersamaan dengan  pemberian penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Puskesmas Teladan Tingkat Nasional. 

Hadir dalam kesempatan tersebut  Sultan Pelalawan Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen, Gubernur Riau yang diwakili oleh Staff Ahli Edi Kusdarwanto, Pimpinan Lembaga Adat Melayu Riau,Lembaga Adat Melayu Kabupaten Pelalawan, Forkompinda,DPH Lembaga Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan,Ketua Majelis Adat Kabupaten Pelalawan,Ketua DPRD,Ketua Lembaga Adat Pesisir dan Petalangan Pelalawan,Penghulu,Tingkab,para Batin,Kepala OPD,dan Tamu Undangan.(R09/r)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index