Semangati Pergantian Tahun Baru Islam

Pamaji Inhil Gelar Grebek Suro

Pamaji Inhil Gelar Grebek Suro
Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan memotong tumpeng saat gelaran Grebeg Suro.
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM)- Paguyuban Masyarakat Jawa Indonesia (Pamaji) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan Grebek Suro, dalam rangka menyambut masuknya tahun baru 1437 H, serta sebagai upaya meningkatkan silaturrahmi dan rasa keimanan umat Islam, Senin (9/11/2015).
 
Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Kempas ini, dihadiri langsung oleh Bupati Inhil, HM Wardan beserta isteri, Hj Zulaikhah.
 
Ketua Pamaji Inhil, RM Sudinoto mengatakan, rangkaian kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, terutama istighosah atau do'a bersama, dalam rangka memohon kepada Yang Kuasa agar negeri ini selalu mendapat lindungan- Nya.
 
"Kegiatan Grebek Suro yang rutin kita gelar setiap tahun adalah dalam rangka memperingati dan memaknai secara luas tentang pergantian tahun baru Islam. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk mengajak semua lapisan masyarakat agar terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah," tutur Sudinoto.
 
Dalam rangkaian kegiatan Grebek Suro itu juga dilaksanakan beberapa acara kesenian tradisional seperti Tumpengan dan Serah-Serahan Tumpengan, musik Gamelan, kesenian Reok, Drum Band.
 
"Dengan rutinnya digelar kegiatan ini, diharapkan agar masyarakat tidak melupakan kesenian tradisional, yang sebenarnya banyak memuat muatan dan ajaran hidup yang harus dijalani setiap hari. Kemudian, harapan utamanya adalah bagaimana bumi kita ini selalu Gemah Ripah Loh Jenawi Sarwo Gumilang," tambahnya.
 
Sementara itu, Bupati Wardan menyatakan bahwa atas nama pemda menyambut baik dan memberikan penghargaan setingginya acara rutin grebeg suro tersebut.
 
"Pengembangan wisata religi gema muharam, telah kita laksanakan dan acara ini sangat baik dan perlu terus dikembangkan," imbuhnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati Wardan juga menyerahkan batuan  peralatan dan mesin pertanian, seperti hand traktor 5 unit, mesin air 4 unit dan alat panen padi 1 unit. (R01/r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index