Waspada... Empat Daerah di Pekanbaru Ini Rawan Banjir

Waspada... Empat Daerah di Pekanbaru Ini Rawan Banjir
banjir di pekanbaru
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Musim penghujan merupakan momok yang menakutkan bagi warga Pekanbaru yang tinggal di daerah rawan banjir. Menurut Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Damkar BPBD) Pekanbaru  ada empat daerah rawan banjir.   "Yang kita data Palas, Rejosari, Rumbai dan Umban Sari. Jadi empat lokasi itu," katanya, Selasa (10/11/2015).ujar Kepala Damkar BPBD Pekanbaru, Burhan Gurning.
 
Untuk itu pihaknya mengingatkan masyarakat bersiap-siap antisipasi potensi banjir. Seperti membersihkan saluran air, agar terbebas dari sampah yang menyumbat. "Ini yang butuh perhatian, masyarakat antisipasi. Bergotongroyong selokan, setidaknya mengurangi dampak hujan lebat," katanya.
 
Sedangkan untuk alat evakuasi Damkar kini sudah mempunyai empat perahu karet. Sehingga jika dibutuhkan pihaknya bisa langsung turun, mengevakuasi warga. "Sekarang ada empat perahu karet pakai mesin, semuanya bantuan BNPB pusat," katanya.
 
Untuk itu pihaknya mengajak warga untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan. Terutama saluran air yang kerap tersumbat oleh sampah-sampah.
 
Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan curah hujan akan tinggi di akhir tahun 2015. "Memang sebenarnya kita sudah masuk musim penghujan. Namun mundur karena kemarin ada asap sehingga awan hujan minim," tuturnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index