Curah Hujan belum Merata di Beberapa Daerah

Sekarang Riau Sudah di Puncak Musim Penghujan

Sekarang Riau Sudah di Puncak Musim Penghujan
JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) menyebutkan kalau saat ini beberapa wilayah di Sumatera, termasuk Riau sudah berada di puncak musim penghujan.
 
Karena itulah, BKMG mengimbau kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kondisi wilayahnya yang berpotensi untuk terjadi banjir. Untuk mencegah banjir, ia menyarankan agar pemerintah daerah memperhatikan kelancaran aliran air terutama di kawasan sepanjang aliran sungai.  
 
"Pada masa transisi ini hujan jadi lebih sulit diprediksi. Misalnya, seperti kemarin itu, intensitasnya ternyata tinggi dan diikuti petir serta angin kencang," kata Andi seperti dihimpun dari CNN Indonesia.
 
''Karena itulah, disarankan kepada pemerintah daerah, supaya bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya titik-titik banjir di lokasi rawan banjir. terutama di sepanjang daerah aliran sungai,''ungkap Kepala BMKG, Andi Eka Sakya.
 
Dia mengingatkan, kemungkinan banjir tidak hanya berdasarkan curah hujan. "Banjir atau tidak juga sangat bergantung pada daya serap permukaan. Selain itu harus dipastikan juga apakah aliran air lancar atau tidak," katanya.
 
Untuk wilayah Riau, khususnya Pekanbaru,hari ini, sebagaimana dihimpun dari situs BMKG, kondisi udara Pekanbaru masih tetap akan turun hujan dengan perkiraan temperatur udara 21 - 33 ° celcius serta Kelembaban udara rata-rata 52 - 98  persen. 
 
Adapun untuk esok hari, Rabu (11/11/2015) wilayah Pekanbaru diperkirakan juga masih akan turun hujan dengan durasi ringan. Suhu udara Pekanbaru diperkirakan 21 - 33 ° celcius serta kelembaban udara rata-rata  52 - 98 persen.
 
Meski sudah diliputi hujan, ternyata di beberapa wilayah di Riau, dilaporkan curah hujan masih relatif kecil dan belum maksimal. Banyak warga melaporkan sumur mereka masih kering dikarenakan panjangnya musim kemarau beberapa waktu lalu. 
 
''Hujan sih turun, tapi tak seberapo do, sumur masih koring,''ungkap Saripudin, warga di Pelalawan.
 
Dari data BKMG sendiri, dilaporkan, perkiraan curah hujan masih akan berlangsung hingga periode Desember 2015. Adapun mulai awal tahun, terhitung Januari-Februari, kondisi cuaca sudah kembali normal. (R08/i)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index