Hikmat, Peringatan Hari Pahlawan di Siak

Hikmat, Peringatan Hari Pahlawan di Siak

 

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Siak memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945 ke 70 tahun 2015 di Lapangan Tugu 17 Istana Siak Sri Indrapura Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak. Bertidak sebagai Inspektur Upacara Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si.
 
Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan,SE Kapolres Siak AKPB Ino Harianto, Kajari Siak Zainul Arifin,SH,MH, Ketua Pengadilan Siak, Sekdakab Siak, Drs.H.T.S Hamzah, M.Si,  para SKPD dijajaran Pemkab Siak, Pejuang Kemerdekaan RI, Maijen Purnawirawan Nasrun Syahrul, serta seribuan peserta upacara mulai dari pelajar,SMP, SMA, SMK, MAN, aparat TNI/Polri, PNS, dan sejumlah organisasi masyarakat, ikut mewarnai peringatan Hari Pahlawan tersebut.
 
Amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Drs. H. Syamsuar M.Si mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, memiliki makna khusus, karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70, suatu usia kemerdekaan yang cukup matang untuk ukuran sebagai bangsa yang dewasa dalam bernegara.
   
Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.
 
Oleh karena itu, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman. Untuk itu penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema "Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”.
 
Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index