Hingga September Baznas Riau Sudah Himpun Dana Zakat Rp33, 5 Miliar

Hingga September Baznas Riau Sudah Himpun Dana Zakat Rp33, 5 Miliar
Aktivitas pengumpulan zakat dari masyarakat.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Wakil Ketua I Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, DR H  Azwar Aziz SH MSi, mengakui kalau potensi zakat di Riau cukup besar kalau dikelola dengan optimal.  Dana yang terhimpun cukup besar yang tentu dapat membantu pemerimtah terutama nenekan atau mengentaskan kemiskinan.

Untuk saat ini per September 2017 sudah terhimpun dana sebesar Rp33. 500.026.148,- dan telah tersalurkan sebesar Rp 21.972.695.943,-.  "Ini masih berkemungkinan bertambah karena masih ada sektar tiga bulan lagi menjelang berakhir tahun 2017.  Ini baru dana yang dikirim dari Baznas Kabupaten/Kota, belum lagi dana yang dari LAZ," terangnya.

Dijelaskam juga oleh Mantan Kakanwil Kemenag Riau ini, mengenai penghimpuanan dana zakat terutama yang bersumber dari hasil gaji ASN perlu dioptimalkan.  Karena kalau semua ASN membayarkan zakatnya pada Baznas, dana yang terhimpum jauh lebih besar.  Tentu akan lebih besar juga masyarakat yang mendapat bantuan usaha.

"Adalah hendaknya suatu kebijakan dari kepala daerah untuk mrngharuskan ASN menyalurkan zakat profesinya melalui UPZ yang nerupakan perpanjangan tamgan  Bazmas di unit kerja masing-masing.  Sehingga penghimpunan lebih optimal," tambahnya dengan berharap.(R07/rg)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index