FKI 2017, Gubri Ajak Stakeholder Ikut Pikirkan Nasib Petani Kelapa

FKI 2017, Gubri Ajak Stakeholder Ikut Pikirkan Nasib Petani Kelapa

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman berharap semua stakeholder terkait dalam hal ini Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Menteri Koordinator Perekonomian dan lembaga Keuangan Nasional dapat terlibat dalam industri kebun kelapa rakyat dan perbaikan tata niaga di Negeri Hamparan Kelapa Dunia, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

"Kami harapkan semua pihak yang terkait bekerjasama meningkatkan pendapatan petani dengan memberikan harga yang baik bagi petani kelapa," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut dalam Festival Kelapa Internasional Tahun 2017 Inhil, Sabtu (9/9/2017).

Selain itu, kara Andi, stakeholder juga harus memberi pendampingan terhadap petani kelapa untuk meningkatkan produksinya."Salah satunya dengan mendorong replanting (peremajaan) secara nasional, dan meningkatkan volume ekspor buah kelapa rakyat di Inhil ini," tuturnya. 

Gubri, H Arsyadjuliandi Rachman juga berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil dapat memanfaatkan peluang-peluang bisnis yang ada pada festival kelapa internasional 2017 di Inhil sebagai momentum meningkatkan kesejahteraan petani kelapa dan pengembangan kelapa yang berkelanjutan.

"Dikarenakan festival ini akan mendatangkan banyak investor masuk ke Indonesia dan khususnya Inhil, kita harus bersama-sama menarik investor supaya mereka mau menanamkan modal berinvestasi di bidang komoditi kelapa," kata Gubri di Tembilahan, Sabtu (9/9/2017).

Ia juga berharap, supaya stakeholder twrkait dapat memberi pendampingan terhadap petani kelapa untuk meningkatkan produksinya.

"Salah satunya dengan mendorong replanting (peremajaan) secara nasional, dan meningkatkan volume ekspor buah kelapa rakyat di Inhil ini," tuturnya. (R07/Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index