Riau Terima Rp14,85 Miliar untuk Bangun Delapan Balai Nikah dan Tempat Manasik

Riau Terima Rp14,85 Miliar untuk Bangun Delapan Balai Nikah dan Tempat Manasik
Ahmad Supardi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kantor Kanwil Kemenag Riau memperoleh bantuan  untuk pembangunan  delapan unit gedung balai nikah dan tempat manasik haji. 

Bantuan tersebut berasal dari dana Surat Syariah Berharga Negara (SSBN), atau obligasi syariah sukuk pemerintah dengan total Rp14,85 miliar

Rencananya, seluruh bangunan tersebut akan dibangun pada tahun 2018 dengan mengambil tempat di Indragiri Hilir (empat tempat) Indragiri Hulu (2 tempat) serta Pelalawan dan Dumai masing-masing 1 tempat.


"Kedelapan lokasi pembangunan tersebut akan dibangun pada tahun 2018 di Kabupaten Inhil sebanyak empat unit, Kabupaten Inhu dua, dan Kota Dumai dan Kabupaten Palalawan masing-masing satu unit," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Jumat.

          

Dikatakan dia, saat ini, porses pekerjaan tersebut sudah sampai pada desain gedung balai nikah dan manasik haji. Bentuknya disesuaikan dengan desain arsitektur kedaeraan di Riau. 
          

Ia mengatakan untuk pilar utama bangunan kantor balai nikah dan manasik haji tersebut, mencerminkan empat tusi pada empat direktorat Bimas Kemenag RI meliputi Direktorat Urusan Agama Islam, Direktorat pemberdayaan KUA, Direktorat Keluarga Sakinah dan Direktorat pemberdayaan zakat wakaf, namun tetap memiliki ornamen budaya lokal.

           

"Empat pilar tersebut bisa menjadi pola desain gedung balai nikah dan manasik haji di Indonesia sekaligus mewakili dan menunjukkan tugas dan fungsi di setiap KUA pada empat direktorat. Dengan 1 pilar khusus untuk haji dengan ornamen sesuai dengan fungsi haji tersebut,"katanya.

          

Kabid Urais Kanwil Kemenag Riau, Irhas, mengatakan jika ini bisa terwujud tentu masyarakat akan lebih mudah mengenali kantor KUA dan sesusai permintaan Kepala Kanwil Kemenag Riau,  empat pilar tersebut ditambahkan dengan lima nilai budaya kerja Kemenag.

         

Khusus untuk desain dan fitur gedung, katanya lagi, menggunakan unsur dekoratif kaligrafi bernuansa melayu pada setiap bangunan yang diberi ornamen. Budaya lokal patut dipertahankan agar menjadi ornamen bangunan yang bisa diwariskan pada generasi mendatang.
        

Menurut Fungsional Perencanaan Kanwil Kemenag Riau, Nofriyandra menyebutkan balai nikah dan tempat manasik akan dibangun 

di kantor  KUA Kecamatan Keritang Kabupaten Inhil dengan nilai sebesar Rp1,89 miliar lebih, kedua  di kantor Kua Kecamatan  Kuala Inhil  Rp1,89 miliar, berikutnya di kantor KUA Kecamatan  Reteh Kabupaten Inhil sebesar Rp1,9 miliar lebih.

        
Berikutnya di Kua Kecamatan Kataman Kabupaten Inhil senilai Rp1,91 miliar lebih, kantor KUA Kecamatan Batang Gangsal  Kabupaten Inhu senilia Rp1,68 miliar,  Kua Kecamatan Pasir Penyu di Kabupaten Inhu senilai Rp1,68 miliar, di KUA Kecamatan Palalawan  Kabupaten Palalawan senilai Rp1,8 dan Kua Kecamatan Dumai di Kota Dumai  dengan bangunan bertingkat dua senilai Rp2,1 miliar.(R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index