Dihadiri Gubri, Festival Kelapa Internasional di Inhil Berlangsung Sukses

Dihadiri Gubri, Festival Kelapa Internasional di Inhil Berlangsung Sukses

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Pembukaan Festival Kelapa Internasional (FKI) dan Festival Seni Bumi Sri Gemilang Tahun 2017 di lapangan Gajah Mada Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahcman, Sabtu (9/9/2017) sekira pukul 14:30 WIB.

Acara tersebut dihadiri Bupati Inhil, HM Wardan, Kaban Restorasi Gambut RI, Fuad, Direktur APCC, Mr Uron Neil Salum (Papua New Guinea), Asdir APCC, Dirjen Perkebunan, Danlanal Dumai, Kolonel Laut Yose Alfino, jajaran Forkopimda Inhil, para Kepala Dinas, Camat dan tamu undangan lainnya.

Di awal pembukaan acara dimeriahkan dengan penampilan tarian kolosal kelapa dunia Indragiri Hilir untuk dunia, dilanjutkan dengan Minum air kelapa muda serentak sebanyak 10.000 butir dan juga penyerahan sertifikat pemecahan rekor MURI.

Gubernur Riau dalam sambutannya mengatakan, acara yang diselenggarakan mengingatkan atas komitmen Bupati Inhil, dimana berkeinginan mengangkat potensi kelapa yang sudah dikenal namun belum mendunia, sehingga acara yang dilaksanakan dapat dijadikan moment yang baik. 

"Selamat datang kepada Tamu Undangan di Bumi Seribu Parit ini dalam memeriahkan acara Festival FKI dan Seni Bumi Sri Gemilang," ujar Gubernur Riau dalam sambutannya.

Masih kata Gubernur, dirinya merasa sangat bersyukur kepada petani kelapa, dimana petani khusunya Kabupaten Inhil bisa menjadikan Inhil sebagai hamparan kelapa terluas di dunia. Berpuluh-puluh tahun petani bisa menghidupi diri dan keluarga dari hasil tanaman kelapa.

Dijelaskan Andi Rachman, Provinsi Riau mulai dari tahun 2009 banyak memberikan bantuan kepada para petani dalam menegah rusaknya tumbuhan termasuk kelapa ini.

"Namun dengan masuknya air laut ke daratan dapat merusak tumbuhan diatasnya termasuk kelapa, sehingga untuk mengatasinya, banyak bantuan dari Provinsi Riau sejak tahun 2009 kepada para petani, diantaranya dengan pemberian pupuk, bibit dll, selanjutnya kegiatan rehabilitasi perbaikan tanggul," jelas Andi lagi.

Gubernur juga berharap, ke depan pemerintah dapat meningkatkan kenaikan pada harga buah kelapa perbutirnya, karena Pesisir ini yang tepat untuk pertumbuhan kelapa. Gubernur telah berpesan kepada perusahaaan dan Pabrik produksi kelapa, agar memperhatikan masyarakat dengan mempertimbangkan harga. (R17/Advertorial)

Listrik Indonesia

#Advertorial Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index