Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 51

Bupati Siak Resmikan Nama RSUD Siak Tengku Rafian

Bupati Siak Resmikan Nama RSUD Siak Tengku Rafian

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Bupati Siak Drs Syamsuar,Msi, Selasa (12/11) meresmikan nama RSUD Siak yaitu Tengku Rafi'an dan Pemakaian ruang perawat paru.

 
Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menginplementasikan visi Pembangunan  Kabupaten Siak yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Siak yang sehat, cerdas dan sejahtera dalam lingkungan masyarakat yang agamis dan berbudaya melayu.
 
Serta Kabupaten Siak sebagai kabupaten dengan pelayanan publik terbaik di Provinsi Riau tahun 2016 nanti.
 
Bupati Siak Drs Syamsuar mengatakan, penamaan RSUD Kabupaten Siak ini, ditetapkan dengan memperhatikan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 56  tahun 2014 pada pasal 77 tentang penamaan Rumah Sakit.
 
Selanjutnya,kata Bupati siak, dengan mempertimbangkan dari berbagai pihak, maka melalui keputusan Bupati Siak No 481/HK/KPTS/2015, RUSD kabupaten Siak resmi menjadi RSUD Tengku Rafian Siak Sri Indarpura.
 
"Kita masih ingat, setelah Kabupaten Siak resmi berdiri sebagai sebuah Daerah otonomi baru, setelah tahun 1999 mengalami pemekaran dari Kabupaten Bengkalis, daerah ini mengalami kekurangan ketersedian beberapa sarana dan prasarana, baik berupa infrastruktur pendukung  bagi jalannya roda pemerintahan maupun ketersedian faslitas pelayanan publik seprti rumah sakit," ujarnya.
 
Untuk mengatasi setuasi  dan kondisi yang serba terbaats tersebut 15 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 12 november 2000 sempena  peringatan hari kesehatan nasional tahun 2000, Plt Bupati Siak yang pada saat itu dijabat oleh H Tengku Rafian merintis pendirian RSUD yang ditandai dengan pembukaan selubung nama RSUD Siak.
 
Dimana saat itu bangunan Pukesmas Siak lama di jalan Sultan Syarif Kasim dipilih sebagai lokasi RSUD rintisan. Selanjutnya pelayanan medis bagi Masyarakat kabupaten Siak dimulai dengan mengunakan 15 tempat tidur, serta mendatangkan tenaga medis seperti dokter spesialis secara berkala setiap pekannya dari Pekan baru.
 
Pada saat  itulah awal tonggak berdirinya RSUD Kabupaten Siak  kebanggan masyarakat Siak saat ini, dalam perjalannya perkembangan pada tahun 2001 perencaan pembangunan gedung RSUD Kabupaten Siak dan peletakan batu pertama di lahan seluas 9 hektar yang berlokasi di Jalan Raja Kecik Siak.
 
"Alhamdulliah pada tahun 2014, barulah bangunan baru RSUD secara resmi digunakan hingga saat ini. Karena itu mari kita ucapkan setulus tulusnya kepada almarhum Tengku Rafian yang telah merintis pembangunan fasalitas medis ini. Dan kita ucapkan terima kasih juga kepada pak Arwin yang saat itu yang melanjutkan pembangunan yang dirintis oleh Tengku Rafian ini," pungkasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index