Dibantu Pusat, Kampar Bangun Pusat Industri Perikanan di Koto Panjang Plus Cold Storage 200 Ton Per Hari

Kamis,12 Oktober 2017 | 20:38:29 WIB
Dibantu Pusat,  Kampar Bangun Pusat Industri Perikanan di Koto Panjang Plus Cold Storage 200 Ton Per Hari
Ket Foto : Bupati Kampar Azis Zaenal menunjukkan site plan pembangunan cold storage berkapoasitas 200 ton ikan per hari di Koto Panjang.

KAMPA (RIAUSKY.COM)- Bupati Kampar Azis Zaenal beserta Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto didampingi  Sekda Kampar Yusri, Asisten II Nurbit, Kadis Perikanan Usman, Camat Kampa Alkausar meninjau lahan pengolahan hasil perikanan yang ada di Kampar di Desa Koto Panjang Kecamatan Kampa,(12/10/2017).

Nantinya di lahan seluas 68 hektare ini, Pemkab Kampar akan membangun Pusat Industri Perikanan berupa Gudang Beku terintegrasi dengan contoh site plan UPI/ICS, dengan daya UPI Produksi 13,10, 5 ton/hari dengan kapasitas Cold Storage 200 ton.

Saat ditanya mengenai status pembangunan yang dulu pernah dicanangkan namun selama beberapa periode terbengkalai dan tidak ada proses pembangunan, Azis menggambarkan pemerintah adalah pihak yang dirugikan, tapi yang paling utama tentunya masyarakat dan pelaku usaha perikanan.

"Pemerintah dan masyarakat dirugikan, nyatanya coldstorage tak jadi, uang kita hilang. Lahan sudah dibebaskan dan orangnya tak jelas artinya tidak ada pembangunan." ungkap Azis.

Selanjutnya saat Azis meninjau langsung lokasi pembangunan tersebut dirinya mengharapkan ini nantinya bukan hanya sekedar sentra industri perikanan yang tidak hanya berbasis pada sektor perikanan namun juga kedepannya menjadi Icon baru Kabupaten Kampar terutama pariwisata.

''Masyarakat dapat menikmati proses pengelolaan ikan dan juga menikmati suasana wisata di tepian sungai kampar plus wisata kuliner disana,'' kata dia.

sementara itu mengenai pendanaan dalam hal pembangunan, Azis mengirim stafnya dalam hal ini Kadis Perikanan Usman untuk merebut dana pusat dan akhirnya diberikan bantuan sebanyak Rp20 miliar dan akan disegerakan pembangunannya dalam satu tahun mendatang.

"untuk itulah kita mendesak pemerintah pusat melalui APBN. Alhamdulilah tahun ini kita mendapat bantuan 20 milyar untuk membangun cold storage baru dan industri perikanan kitaakan terangkat dan pada bulan november atau desember mendatang akan segera kita lelang" Ungkap Azis.(CR6/zar)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Kampar Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS