Dua Pekerja Jatuh dari Menara Sutet Setinggi 50 Meter, Satu Tewas Kepalanya Pecah, Seorang Kritis

Dua Pekerja Jatuh dari  Menara Sutet Setinggi 50 Meter, Satu Tewas Kepalanya Pecah, Seorang Kritis
Korban tewas Samson Simorangkir saat dibawa ke rumah sakit . Foto: Datariau.

LUBUKBATU JAYA (RIAUSKY.COM)-  Dua orang pekerja pemeliharaan menara Sutet   titik PP 57 di Desa Seiberas - Beras Kecamatan Lubukbatu Jaya, Indragiri Hulu Rabu (11/10/2017) lalu.

Samson Simorangkir (23) buruh perangkai tower listrik saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) tewas mengenaskan dengan kepala pecah dan bagian tubuh parah menghantam besi baja. Sedang seorang rekannya Ojen Simonangkir (25) menya kritis mengalami luka karena tertimpa besi.

Dilaporkan, Samson Simorangkir  terjatuh dari ketinggian 50 meter  saat pengerjaan membangun menara listrik di titik PP 57 di Desa Seiberas - Beras Kecamatan Lubukbatu Jaya, Indragiri Hulu, Rabu (11/10/2017) lalu.

Warga Sail Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru ini dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa kecelakaan kerja itu.

Dari laporan kepolisin nomor: LP/20/X/2017/Riau/Res Inhu/Sek Lubukbatu Jaya, tertanggal 11 Oktober 2017, korban  jatuh dari ketinggian 50 meter menimpa besi baja yang ada di bawahnya dan mengalami luka patah di bagian kaki sebelah kiri dan pecah di bagian kepala adalah penyebab korban meregang nyawa di tempat.

"Berdasarkan keterangan saksi, almarhum Samsom Simorangkir terjatuh karena tali safety yang dipakai oleh korban putus sehingga korban menimpa besi baja yang ada di bawahnya dan mengalami luka patah di bagian kaki sebelah kiri dan pecah di bagian kepala," ungkap Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIK MH dan Kasat Reskrim AKP Andrie Setiawan SIK melalui KBO Reskrim, Iptu Loren Simanjuntak seperti dilaporkan datariau, Ahad (15/10/2017).

Diterangkannya, pada hari Rabu (11/10/2017) sekira pukul 11.00 wib pelapor mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya buruh tower SUTET di titik PP 57 Desa Seiberas-Beras meninggal dunia akibat terjatuh dari atas tower.

"Pelapor pergi ke tempat kejadian dan sesampainya di tempat kejadian pelapor melihat satu orang korban atas nama Samson Simorangkir sudah meninggal dunia. 

Pada saat yang sama, terungkap, seorang buruh lainnya atas nama Ojen Simonangkir (25) Warga Desa Simanampang Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumut, terjatuh dan ditimpa besi. 

Beruntung korban masih menggunakan safety sehingga korban jatuh atas nama Ojen Simorangkir tertimpa besi hanya mengalami luka serius dan sudah dirawat intensif," papar KBO Reskrim.

Kronologis, korban jatuh dari tower SUTET namun selamat meski tertimpa besi atas nama Ojen Simorangkir terjadi akibat tidak tahannya BP atau alat pemutar kabel seling oleh pekerja di bagian bawah berjumlah empat orang dan tidak sanggup menahan beratnya beban sehingga BP yang ditahan pakai tali oleh orang tersebut dilepaskan dan mengakibatkan pekerja yang di bagian atas (Ojen) terkena hempasan besi dan akhirnya korban terjatuh.

Analisa sementara penyidik Polisi, korban tewas dan korban luka terjadi diduga karena akibat alat yang digunakan para pekerja tidak sesuai standar dan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan para buruh Sub Kontraktor PT RJ.(R04/dr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index